Bukan Sekedar Seremonial, Hari Ibu Jadi Evaluasi dan Tingkatkan Peran Ibu

Samarinda — Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahun pada 22 Desember menjadi momentum penting mengenang dan memaknai peran ibu (perempuan) dalam pejuang pergerakan Indonesia.

“Ini bukan hanya acara seremonial, tapi bagaimana ajang evaluasi sejauh mana perempuan saat ini,” kata Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi saat puncak Peringatan Hari Ibu ke-94 Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022 di Pendopo Odah Etam Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (22/12/2022) .

Menurut dia, penghargaan bagi kaum Ibu yang memiliki andil sangat besar dalam membangun generasi bangsa yang berkualitas.

Peran perempuan dari masa ke masa mendidik generasi bangsa sekaligus berperan besar dalam menyuarakan hak-haknya guna mendapatkan perlindungan dan mencapai kesetaraan.

Karenanya, perempuan atau kaum ibu ujarnya, sumber daya potensial dan mampu berkontribusi setara dalam pembangunan serta menjadi fondasi kuat bagi tumbuhnya generasi berkualitas.

“Bahkan ada ungkapan maju mundurnya bangsa ini sangat tergantung pada kaum ibu,” tegasnya.

Maka, peringatan Hari Ibu menjadi refleksi bagi semua dalam berbagai upaya untuk memajukan perempuan pada seluruh aspek pembangunan dan kesetaraan.

Di Kaltim jelasnya, selama kepemimpinan Gubernur Isran Noor bersama dirinya telah mengusung misi Berdaulat dalam pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan berdaya saing, terutama Perempuan, Pemuda dan Penyandang Disabilitas.

Misi ini ungkapnya, menunjukkan bahwa perempuan mempunyai kesempatan, akses, serta peluang yang sama sebagai sumber daya pembangunan

“Artinya, perempuan atau para ibu memiliki peran dan kedudukan setara memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang, baik pendidikan, ekonomi, sosial, politik dan hukum,” pungkas suami Hj Erni Makmur ini. (adpimprovkaltim)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.