Delapan Upaya Pemprov Kaltim Tingkatkan Kualitas Pelayanan Adminduk

Penajam — Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Forum Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2024.
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni diwakili Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kaltim Noryani Sorayalita mengatakan berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Provinsi Kaltim untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di daerah.

“Diantaranya penyediaan tiga unit alat perekaman KTP-el dan tiga buah alat cetak KTP-el yang bisa dipinjam oleh Kabupaten/Kota yang membutuhkan sehingga pelayanan dokumen kependudukan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Soraya pada Kegiatan Welcome Party Rakorda Forum Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kaltim, berlangsung di Aula Lantai 1 Kantor Bupati PPU, Selasa malam (5/3/2024)

Selain itu, memberikan bantuan hibah Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang ditempatkan seluruh Kabupaten/Kota se Kaltim. Memberikan bantuan Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan untuk seluruh Kabupaten/Kota se Kaltim untuk melayani masyarakat yang jauh dari pusat pemerintahan sebagai wujud layanan administrasi kependudukan yang berkualitas dan membahagiakan masyarakat.

“Selanjutnya memberikan bantuan berupa Alat Cetak dan Alat Rekam KTP-el kepada seluruh Kabupaten/Kota se Kaltim. Fasilitasi pengambilan Blangko KTP-el Disdukcapil Kabupaten/Kota di Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri bekerjasama dengan Kantor Penghubung Provinsi Kaltim di Jakarta,” imbuh Soraya.

Pemprov Kaltim juga memberikan 2 unit laptop kepada Kabupaten/Kota se Kaltim guna mensukseskan Implementasi Identitas Kependudukan Digital di daerah, dan 2 unit PC all in 1 kepada Kabupaten/Kota se Kaltim guna mendukung Aplikasi SIAK Terpusat.

“Untuk mendukung sukses Pemilu Kepala Daerah secara serentak pada tanggl 27 November 2024, Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan hibah uang kepada Pemerintah Pusat untuk pembelian Blangko KTP-el sebanyak 110.000 keping dengan nilai 1.120.020.000,” terang Soraya.


Ia berharap, dengan komitmen dan perhatian yang besar dari Pemerintah Provinsi Kaltim maka Pemerintah Kabupaten/Kota dapat meningkatkan performa dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.


“Saya berharap Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di daerah semakin ditingkatkan, keluhan masyarakat terhadap kualitas pelayanan administrasi kependudukan segera direspon dan ditindaklanjuti untuk dilakukan perbaikan serta praktek pungli dan percaloan dapat dihilangkan melalui optimalisasi pelayanan online, pelayanan sampai ke desa/kelurahan dan digitalisasi seluruh dokumen kependudukan,” harapnya.
kegiatan ini dirangkai dengan penandatangan perjanjian kerjasama pemanfaatan data kependudukan oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten PPU, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten PPU dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten PPU.


Turut hadir perwakilan Kepala Ombudsman Kaltim, Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota ke-Kaltim, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) PPU para pejabat di lingkup Pemkab PPU serta Ketua TP PKK PPU. (dkp3akaltim/rdg)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *