PHI Ke 95, Ziarah dan Tabur Bunga Ke TMP Kesuma Bangsa Samarinda

Samarinda — Dalam rangkaian PHI ke-95 Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023, Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan Ziarah dan Tabur Bunga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa Samarinda, Jumat pagi (22/12/2023).

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni menegaskan Peringatan Hari Ibu (PHI) tidak terlepas dari pergerakan dan perjuangan kaum perempuan pada masa sebelum kemerdekaan.

Karenanya, ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa Samarinda selalu menjadi bagian dari Peringatan Hari Ibu.

“Lewat ziarah ini, kita semua organisasi wanita berkumpul bersama memberikan penghormatan sebagai penghargaan kepada para pahlawan dan tokoh-tokoh di Kalimantan Timur yang telah gugur mendului kita,” kata Sekda Sri Wahyuni usai memimpin ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa Samarinda.

Di samping silaturahmi, lanjutnya, kegiatan ini membangkitkan semangat untuk meneruskan perjuangan para pendahulu bangsa.

“Untuk para ibu, jadilah ibu yang kuat secara fisik, mental dan spiritual. Karena ibu yang kuat akan melahirkan keluarga yang kuat. Keluarga yang kuat akan melahirkan masyarakat yang kuat dan sejahtera,” ungkap Sri Wahyuni.

Kepala DKP3A Provinsi Kalimantan Timur Noryani Sorayalita menjelaskan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan merupakan rangkain terakhir dari Peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023.

“Kegiatan PHI 2023 dimulai sejak Selasa 12 Desember 2023, acara seminar ketahanan keluarga,” terangnya.

Berlanjut, Rabu 13 Desember 2023, yakni Sosialisasi UU Nomor 23 tahun 2024 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga kepada seluruh lurah dan camat se Kota Bontang.

Pada Senin 18 Desember 2023, telah diselenggarakan Pelayanan Terpadu Pembuatan KIA Bagi Anak Binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas (LPKA) dan Cetak KTP-el Bagi WPB Kelas II Tenggarong.

Dan pada tanggal 19 Desember 2023 telah diselenggarakan Pelayanan Terpadu Pemadanan Data dan NIK Perekaman dan Cetak KTP-el Bagi WBP Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Tenggarong.

Kemudian pada Rabu 20 Desember 2023, kegiatan Seminar Perempuan Kalimantan Timur, yang merupakan puncak kegiatan PHI ke-95, dengan tema Perempuan Berdaya dan Peduli Indonesia Maju.

“Kegiatan terakhir PHI 2023 adalah Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Samarinda, dipimpin Bu Sekda,” tutupnya. (dkp3akaltim/rdg)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *