Sekda Sri : Kesamaan Data Jadi Hal Krusial Penanganan Stunting

Samarinda — Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni membuka Talkshow Overview Pelaksanaan Program dan Strategi Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Kalimantan Timur yang digagas Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kaltim, di Hotel Harris Samarinda, Kamis (14/12/2023).

“Kita sudah beberapa kali melakukan pertemuan terkait percepatan penurunan stunting. Kegiatan hari ini hendaknya bisa sama-sama mendapatkan informasi dan data yang akurat terkait apa yang menjadi perhatian kita bersama dalam percepatan penanganan stunting,” kata Sri Wahyuni dalam sambutannya.

Karena, lanjut Sri, berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2023 dari Kementerian Kesehatan RI, prevalensi stunting di Kalimantan Timur mengalami kenaikan. Sehingga perlu dilakukan percepatan penurunan stunting secara menyeluruh dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, sesuai dengan yang ditargetkan pada 2024, yaitu dibawah rata-rata nasional sebesar 14 persen.

Sri Wahyuni menyebut kesamaan data menjadi hal yang krusial dalam penanganan stunting baik dengan intervensi spesifik maupun intervensi sensitif. Data dari BKKBN adalah beririsan dengan data yang sama digunakan oleh Dinas Kesehatan.

“Melalui talkshow overview ini diharapkan dapat melihat adakah hal-hal baru atau hal-hal yang sebenarnya tidak baru namun luput dari perhatian kita, sekalian dalam upaya penanganan stunting. Ini juga dapat menjadi rembuk bersama untuk bersepakat bahwa apa yang telah dilakukan menjadi evaluasi dan menentukan langkah-langkah ke depan,” sebut Sri.

Sri Wahyuni menambahkan melalui talkshow overview ini juga menjadi momen membangun kembali kolaborasi dan kealpaan dari semua pemangku kepentingan terkait dalam Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS).

“Apa dan bagaimana yang harus menjadi perhatian. Agar segala sumber daya yang dikerahkan untuk penanganan stunting bisa tepat sasaran dan benar-benar menyentuh persoalan yang kita hadapi bersama. Kita juga berharap adanya dukungan setara dan kolaborasi yang baik dengan semua kabupaten/kota,” pungkasnya.

Talkshow Overview Pelaksanaan Program dan Strategi Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Kaltim kali ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Anggota Komisi III DPRD Kaltim Bagus Susetyo, Ketua Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Kaltim Prof Harihanto dan Penata KKB Ahli Madya BKKBN Kaltim Aris Ananta.

Tampak hadir Penjabat Ketua TP PKK Kaltim Yulia Zubir Akmal, Kepala DKP3A Kaltim Noryani Sorayalita, Kepala Bappeda Yusliando, TPPS Kaltim dan stakeholder terkait penanganan stunting. (adpimprovkaltim)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *