Dirjen Dukcapil Ajak Mahasiswa Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

Samarinda — Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri, H Teguh Setyabudi mengajak mahasiswa Univertas Mulawarman mengaktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Mahasiswa merupakan pilar penting dalam pembangunan bangsa dan memiliki potensi besar sebagai agen perubahan.

“Saya minta mahasiswa mengajak kawan-kawan yang lainnya untuk melakukan aktivasi dan menyampaikan betapa pentingnya IKD,”ungkap Teguh saat meninjau pelayanan Dukcapil Goes to Campus sambangi kampus Universitas Mulawarman, Rabu (11/10).

Dia berharap semua mahasiswa dan civitas akademik dapat memanfaatkan waktu untuk aktivasi IKD.

Seiring dengan kemajuan teknologi, kehadiran IKD akan meningkatkan pelayanan lebih cepat, akurat dan aman.

Dengan penerapan IKD, pemerintah dapat menghemat anggaran untuk pengadaan blangko KTP-el yang setiap tahunnya membutuhkan anggaran puluhan miliar.

Saat ini sudah ada 5 juta orang yang telah melakukan aktivasi IKD dan Pemerintah terus melakukan penguatan infrastruktur, jaringan dan keamanannya.

Selain itu, Pemerintah juga akan bekerjasama dengan berbagai lembaga untuk memastikan penggunaan IKD dalam pelayanan publik, dengan harapan masyarakat akan segera melakukan aktivasi IKD.

Sebagai informasi, Dukcapil Goes To Campus ini akan berakhir samapi hari ini yaitu Kamis 12 Oktober 2023, sehingga diharapkan seluruh mahasiswa Universitas Mulawarman dan masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini. (dkp3akaltim/rdg)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *