Pengukuhan Bunda PAUD Se Kaltim

Samarinda — Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menghadiri Pengukuhan Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten/Kota se Kaltim oleh Bunda PAUD Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor, di Pendopo Odah Etam, Selasa (14/09/2021)

Bunda PAUD yang dilantik dari Kabupaten Berau, Kutai Timur, Kutai Barat, Mahakam Ulu, Paser, Samarinda, Balikpapan dan Bontang. Kegiatan dirangkai Rakor PAUD se Kaltim, dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim M Edi Muin dan Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Hj Padilah Mante Runa.

Wagub Hadi Mulyadi mengapresiasi pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten/Kota se Kaltim. Bunda PAUD, ujar Hadi, merupakan penggerak utama pengembangan anak usia dini diharapkan dapat menggerakkan semua pihak untuk mewujudkan Gerakan Nasional PAUD Berkualitas melalui kepedulian dan pemberdayaan peran serta masyarakat.

“Selamat atas pengukuhan Bunda PAUD kabupaten/kota se Kaltim. Mudah-mudahan Bunda PAUD benar-benar bekerja untuk meningkatkan kualitas anak-anak didik kita. Khususnya pendidikan anak usia dini. Karena usia dini ini merupakan golden age. Jadi merupakan tahun yang emas, dimana kalau kita salah didik, salah asuh itu akan berdampak pada usia dewasa,” ucap Hadi.

Menurut dia, banyak cara yang dapat dilakukan dalam pengembangan anak usia dini. Diantaranya, mengaktivasi otak kiri dan otak kanan, memberikan kasih sayang yang cukup, memberikan gizi yang baik dan memberikan lingkungan yang baik sehingga seluruh potensi yang ada pada dirinya bisa berkembang dengan baik. Dan mereka akan menjadi generasi emas yang akan membangun Kaltim dan Indonesia.

“Layanan PAUD berkulitas mensyaratkan pemberian layanan stimulasi holistik mencakup layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan menjadi kebijakan pengembangan anak usia dini dengan melibatkan pihak terkait baik instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, tokoh masyarakat, dan orang tua.

Hadi berpesan, agar Rakor ini dapat menghasilkan ide dan pemikiran yang baik, dalam rangka pengembangan PAUD di masa pandemi Covid-19. Dan semoga lembaga PAUD ke depan terus meningkatkan sistem pendidikan, memperbaiki fasilitas dan kebutuhannya, ditingkatkan mutu guru dan pendidik, dibangun komunikasii dengan orang tua dan keluarga anak.

“Mari kita bangun semangat dan kerja sama, guna mewujudkan generasi Kaltim yang cemerlang, generasi unggul dalam menghadapi era di masa yang akan datang. Mari selalu Satu Hati Satu Aksi dan Satu Dedikasi untuk kejayaan anak negeri,” pesannya.

Sebelumnya, Bunda PAUD Kaltim mengajak Bunda PAUD Kabupaten/Kota yang telah dikukuhkan agar menunjukkan semangat untuk bersaing secara sehat. Karena semua kegiatan akan dinilai langsung oleh pusat. Jadi lebih semangat dan terpacu melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam menyukseskan pengembangan anak usia dini, sehingga output dari PAUD semakin baik.

“Saya meminta dukungan, mulai gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota, serta dari seluruh pihak se Kaltim untuk memberikan support penuh terhadap Bunda PAUD serta jajarannya dalam upaya pengembangan PAUD di Kaltim ke arah yang lebih baik lagi,” harap Norbaiti. (adpimprovkaltim)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.