Peran Perempuan Dalam Politik Diharapkan Meningkatkan Program PUG Di Bontang

Bontang — Seperti diketahui bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi tolok ukur kualitas pembangunan. IPM Kalimantan Timur saat ini menempati urutan ketiga dari 34 provinsi, sementara capaian Indeks Pembangunan Gender (IPG) menempati urutan ke 32 dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) menempati urutan ke 26 dari 34 provinsi. Keadaan ini menunjukan adanya kesenjangan pembangunan SDM antara perempuan dan laki-laki.

Kepala Dinas Kependudukan, pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kalimantan Timur, Noryani Sorayalita mengatakan, beberapa aspek penting yang menghambat kesetaraan dalam capaian pembangunan selain ekonomi dan pengambil keputusan adalah keterwailan politik perempuan di parlemen.

“Seperti kita ketahui bahwa capaian keterwakilan politik di Kalimantan Timur 18% masih perlu perjuangan untuk dapat mencapai 30%,” ujar Soraya pada kegiatan Sosialisasi Peningkatan Peningkatan Partisipasi Perempuan Di Bidang Politik, Hukum, Sosial Dan Ekonomi, berlangsung di Kota Bontang, Rabu (15/6/2023).

Soraya menyebutkan, capaian IDG Kota Bontang tahun 2022 mengalami kenaikan dari 45,67 menjadi 46,12. Menduduki urutan ke 10 dari 10 kabupaten/kota di Kalimantan Timur. Sementara capaian  IPG Kota Bontang juga mengalami kenaikan dari 87.12 menjadi 87,52 atau menduduki posisi ke 4 dari 10 kabupaten/kota di Kalimnatan Timur.

Selain itu, salah satu bentuk atau dampak ketidaksetaraan gender adalah adanya marginalisasi, subordinasi, streotype, dan beban ganda pada perempuan. “Berdasarkan data Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni PPA) tahun 2022 angka kekerasan pada anak perempuan di Kota Bontang sebanyak 49 orang dan pada perempuan dewasa sebanyak 66 orang. Sementara angka kekerasan pada anak laki-laki sebanyak 16 orang dan laki-laki dewasa sebanyak 4 orang,” terang Soraya.

Untuk itu, isu implementasi kesetaraan gender menjadi penting diusung dalam pesta demokrasi ini. Melalui peran perempuan dalam politik diharapkan akan dapat meningkatkan kepekaan dan komitmen dalam pengambilan keputusan di bidang politik  bagi terselenggaranya  program pengarusutamaan gender (PUG) di Kalimantan Timur khususnya di Kota Bontang

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *