DKP3A Kaltim Gelar Seminar Parenting Untuk Wujudkan Keluarga Berkualitas

Balikpapan — Dalam rangka pelaksanaan program Pemberdayaan  dan Peningkatan Keluarga Sejahtera dan Penguatan Ketahanan Keluarga serta Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia sekaligus sebagai bentuk realisasi Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga, Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kalimantan Timur kembali menggelar Seminar Parenting dengan Tema “Tanggung jawab Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak”, berlangsung di Hotel HER Balikpapan, Senin (29/5/2023).

Kepala Dinas KP3A Kaltim, Noryani Sorayalita mengatakan mengingat keluarga dalam pembangunan memiliki porsi dan kontribusi penting yaitu sebagai institusi sosial dasar yang memberikan sosialisasi awal berupa pendidikan nilai, akhlak  dan norma pada anggota keluarga, maka perlu terus diberikan edukasi terkait pola asuh orang tua terhadap anak.

“Selain itu melalui keluarga pula pondasi awal membentuk kualitas sumber daya manusia baik fisik maupun non fisik. Hal ini telah menjadi indikator ketercapaian pembangunan yaitu Indeks Pembangunan manusia (IPM),” ujar Soraya.

Ketahanan Keluarga memiliki 5 aspek atau dimensi yaitu Dimensi Legalitas dan Keutuhan Keluarga, Ketahanan Fisik, Ketahanan Ekonomi, Ketahanan Sosial Psikologis dan Ketahanan Sosial Budaya. DKP3A Provinsi Kalimnatan Timur telah melaksanakan aspek-aspek/dimensi tersebut antara lain untuk memenuhi aspek legalitas dengan Fasilitasi Pelayanan Administrasi Kependudukan.

“Sementara pada aspek ekonomi telah dilaksanakan penyuluhan ekonomi bagi Kelompok UPPKS, UMKM, Perempuan Kepala Keluarga, Anggota Kelompok Desa Prima dan kelompok binaan PIK P2D, KIE bagi Calon Pengantin, KIE kesehatan reproduksi remaja, KIE tentang Stunting dan pendirian Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) sebagai tempat konsultasi tentang permasalahan keluarga,” imbuh Soraya.

Ia berharap, terselenggranya kegiatan ini dapat mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan keluarga yang berkualitas.

Soraya juga menambahkan, sasaran pada Seminar Parenting kali ini yaitu masyarakat dan mahasiswa. Hadir menjadi narasumber pada kegiatan ini Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim Fitri Maisyaroh, dan Kepala sekolah SMPIT BIS Balikpapan, Sari Rejeki. (dkp3akaltim/rdg)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *