Pemrpov Kaltim Serahkan Laptop dan PC All-in-One untuk Mendukung Implementasi Identitas Kependudukan Digital

Samarinda — Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kalimantan Timur menyerahkan Bantuan Laptop dan PC All-in-One untuk Meningkatkan Kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) 10 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur.

Penyerahan simbolis dilakukan oleh Pj. Gubernur Kaltim, Akmal Malik, pada Malam Penganugrahan Kaltim Award dan Ramah Tamah HUT ke-67 Provinsi Kalimantan Timur di Gedung Plenary Convention Hall Samarinda, Selasa (9/1/2024).

Kepala DKP3A Provinsi Kaltim Noryani Sorayalita, menyatakan bahwa bantuan ini diberikan untuk mendukung Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat, sebagai upaya memenuhi kebutuhan Identitas Kependudukan Digital (IKD) dan Administrasi Kependudukan (Adminduk) lainnya

Target nasioanl aktivasi IKD adalah 25% dari jumlah wajib KTP-el. Saat ini, realisasi IKD mencapai 13,61%.

“Data dari Dirjen Dukcapil Kemendagri menunjukkan bahwa Provinsi Kalimantan Timur memiliki hampir 2,7 juta jiwa yang wajib KTP-el, dimana 25% atau sekitar 670.000 jiwa diharapkan sudah mengaktivasi IKD,” ujar Soraya.

Soraya berharap bantuan ini dapat meningkatkan kinerja kabupaten/kota dalam mencapai target IKD, mendukung SIAK terpusat dan secara keseluruhan meningkatkan pelayanan public yaitu Adminduk yang membahagiakan masyarakat. (dkp3akaltim/rdg)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *