Perhatian Besar Gubernur Pada Pertisipasi Aktif Perempuan dan Pengembangan KLA

Samarinda – Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, Isran Noor dan Hadi Mulyadi menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun 2019. Rapat Paripurna ke VII DPRD Kaltim tahun 2020 melalui video conference (Vicon) yang dilaksanakan di Ruang Heart Of Borneo Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (29/4/2020).

Dalam penyampaian LKPJ, Isran Noor dan Hadi Mulyadi bergantian menyampaikan laporan berbagai keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan dari berbagai sektor dalam 5 Misi Kaltim 2019-2023 Berani Untuk Kalimantan Timur Berdaulat.

Pada Visi Pertama, Berdaulat Dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Berakhlak Mulia dan Berdaya Saing, Terutama Perempuan, Pemuda dan Penyandang Disabilitas. Pembangunan dilaksanakan untuk mencapai dua tujuan dan enam sasaran, tujuan yang pertama adalah “Mewujudkan Masyarakat Yang Berkarakter Berahlak Mulia Dan Berdaya Saing” dan tujuan yang kedua yaitu “Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat” dengan enam sasaran. Salah satunya adalah Meningkatnya Partisipasi Aktif Perempuan Dalam Pembangunan.

“Capaian dalam meningkatkan partisipasi aktif perempuan dalam pembangunan dapat dilihat dari angka Indeks Pemberdayaan Gender (IPG) yang telah mencapai 57,53% meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 56,64% dan telah melebihi target yang ditetapkan yaitu 56,70%,” ujarnya.

Begitu pula dengan peningkatan daya saing tenaga kerja yang ditunjukan dengan capaian persentase penempatan tenaga kerja yang mencapai hingga 96,40% dan melebihi target 80%.

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dalam upaya pencapaian Prioritas Pembangunan antara lain Peningkatan kewirausahaan perempuan dalam rangka keterampilan berwirausaha kepada 70 orang perempuan. Pelaksanaan program keluarga harapan kepada 50 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui bantuan sosial. Pendidikan dan pelatihan bagi penyandang cacat dan eks trauma sebanyak 330 orang. Peningkatan keterampilan pencari kerja melalui pendidikan dan pelatihan kepada 482 orang. Peningkatan profesionalisme instruktur pelatihan sebanyak 60 orang. Pengadaan darana dan prasarana peralatan gendung kantor pelatihan sebanyak 2 unit.

Selanjutnya capaian dalam peningkatan taraf pendidikan masyarakat telah menunjukkan hasil yang cukup baik dilihat dari angka rata-rata lama sekolah yang mencapai 9,48% dari target sebesar 9,40% dan harapan lama sekolah yang mencapai 13,67 tahun. Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dalam upaya pencapaian Prioritas Pembangunan. Salah satunya Penetapan advokasi pengembangan menuju kota layak anak di seluruh Kabupaten/Kota se Kaltim.

Gubernur juga menyampaikan capaian keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan masing-masing perangkat daerah. Seperti keberhasilan di sektor peningkatan kesehatan, perikanan, pertanian, perkebunan, lingkungan hidup, peningkatan perekonomian, penanaman modal dan pembangunan infrastruktur.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kaltim juga melaporkan secara ringkas kondisi makro perkembangan sosial ekonomi Kaltim serta subtansi dari rancangan Peraturan Daerah tentang pelaksanaan APBD Kaltim tahun 2019.

Rapat Paripurna ke VII tahun 2020 dipimpin Ketua DPRD Kaltim H Makmur HAPK, diikuti Wakil Ketua, Sekwan dan 33 anggota DPRD Kaltim, Plt Sekprov Kaltim, para asisten, kepala biro dan.pimpinan perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim. Kapolda Kaltim, Kodam VI Mulawarman, Kejati Kaltim, Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim, Korem 091/ASN.(dkp3akaltim/rdg).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.