Loading...
PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK

Harganas Kaltim 2024 di Bontang Momentum Membangun Kolaborasi

12 Juli 2024
Detail Berita

Samarinda --- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kaltim, tahun 2024 kembali menyelenggarakan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 31 tingkat Provinsi Kaltim yang digelar di Kota Bontang mulai 22-25 Juli 2024.

Dalam perhelatan tahunan ini, Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik meminta BKKBN Kaltim untuk berkolaborasi dengan dinas terkait, seperti Dinas kesehatan, DPMPD, Dinas Sosial, DKP3A serta instansi lain, Bankaltimtara maupun pihak swasta.

“Menyukseskan Harganas, BKKBN bisa membangun sinergi dan kolaborasi. Jangan hanya insan-insan BKKBN yang hadir, tetapi juga ada orang kesehatan, Dinas Sosial, DPMPD. Karena semua terkait penduduk dan keluarga,” kata Akmal Malik usai menerima audiensi Kepala BKKBN Kaltim dan Panitia Harganas ke-31 Kota Bontang, di VIP Room Rumah Jabatan Gubernur Kaltim, Jumat (12/72024).

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri itu mengakui selama ini banyak acara seremonial yang sifatnya parsial, padahal seharusnya momentum membangun kolaborasi.

“Makanya, saya minta hadir semua pihak-pihak terkait pada puncak Harganas di Bontang,” tegasnya.

Karena instansi pemerintah maupun pihak swasta menurut Akmal, mempunyai peran, seperti lomba penyuluhan, pendampingan keluarga miskin, pemberian makanan tambahan balita.

“Itu semua melibatkan dinas atau pun instansi terkait. Dukungan itu sangat kita apresiasi,” ungkapnya.

Kepada panitia penyelenggara Harganas ke-31, Akmal Malik juga mengingatkan tidak saja memberikan penghargaan (reward), tetapi ada punishment berupa pemberitahuan tidak berhasil dan berprestasi karena nilainya rendah.

Karenanya Akmal meminta dalam lomba-lomba tidak hanya diberikan penghargaan kepada mereka yang masuk terbaik saja.

“Tetapi juga tiga besar kurang baik atau yang terendah, sehingga bisa introspeksi diri memperbaiki kekurangannya, sekaligus memotivasi untuk lebih baik,” pesannya.

Sementara Kepala BKKBN Provinsi Kaltim Sunarto memaparkan rangkaian Harganas ke-31 tingkat Provinsi Kaltim yang dimulai 22 sampai 25 Juli di Bontang, diantaranya pelayanan KB Pro PN Wilsus, praktik dan sosialisasi Dapur Sehat (Dashat), lomba kencana, seminar keluarga, parade Mupen dan sosialisasi Catin. Selain itu, penyerahan penghargaan bagi pemenang lomba kepada kepala daerah dalam penurunan Stunting tertinggi, cakupan pengukuran dan intervensi serentak, pencehagan Stunting tertinggi, pemenang lomba bangga Kencana, serta penyerahan bantuan Bapak Asuh Anak Stunting, juga digelar produk UPPKA dan UMKM.
Tampak hadir Kepala DKP3A Kaltim Hj Noryani Sorayalita, Ketua Panitia Harganas Provinsi Kaltim Aris Ananta, Kabid Pengendalian Penduduk Penyuluhan dan Penggerakan DP3A dan KB Kota Bontang Jamila Suyuthi, Panitia Harganas Dinas PPKB Kota Bontang Leolin Andriani. (adpimprovkaltim/dkp3akaltim)