Loading...
PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK

HAN Ke-40, Pemprov Kaltim Terus Berkomitmen Melindungi dan Memenuhi Hak-Hak Anak.

06 Agustus 2024
Detail Berita

Samarinda ---  Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 di Provinsi Kalimantan Timur digelar di Gedung Olah Bebaya Kantor Gubernur Kaltim, pada hari Rabu (31/7/2024).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim ini dibuka dengan antusiasme sebanyak 493 peserta dari berbagai jenjang sekolah mulai dari TK, SD, SMP dan SMA di Kaltim. Peringatan Hari Anak Nasional ke-40 tahun 2024 mengusung tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju".

Mewakili Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kaltim, M. Syirajudin, menyampaikan bahwa peringatan Hari Anak Nasional adalah bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak.

“Kita ingin memastikan bahwa setiap anak di Kaltim dan di seluruh Indonesia mendapatkan kesempatan yang sama untuk tumbuh, belajar, dan berkembang menjadi individu yang berdaya saing dan berintegritas,” ucapnya.

Pj Gubernur, lanjut Syirajudin, juga menyadari bahwa masih banyak tantangan yang harus dihadapi bersama. Kekerasan terhadap anak, perkawinan anak, anak yang berhadapan dengan hukum, dan berbagai masalah lainnya masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Pemprov Kaltim terus berkomitmen untuk meningkatkan upaya dalam melindungi dan memenuhi hak-hak anak. Melalui berbagai program dan kebijakan, pemerintah terus berusaha menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang.

“Anak-anak adalah aset berharga bangsa ini. Mereka adalah harapan dan masa depan. Oleh karena itu, marilah kita semua bersama-sama menjaga, melindungi, dan mendukung mereka,” imbuhnya.

Dengan melindungi anak-anak, bukan hanya membangun masa depan mereka, tetapi juga masa depan Indonesia yang lebih maju dan bermartabat.

Kepala DKP3A Provinsi Kaltim Noryani Sorayalita mengatakan, peringatan HAN tentunya menjadi hari bagi anak-anak untuk mengekspresikan diri.

"HAN juga menjadi wadah anak-anak menyampaikan suara anak yang tidak di intervensi oleh orang dewasa," terang Soraya.

#dkp3akaltim
#HAN2024
#pemprovKaltim

Kegiatan ini dirangkai dengan pengukuhan Pengurus Forum Anak Kaltim periode 2024-2027, penyampaian suara anak Kaltim dan penampilan dari Forum Anak se Kaltim. (dkp3akaltim/rdg)