Loading...
FASILITASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Bangun Mental dan Integritas, DKP3A Gelar Bimtek Petugas Front Office

25 Agustus 2024
Detail Berita

Bontang --- Untuk membangun mental dan integritas petugas Front Office, Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kalimantan Timur menggelar Bimbingan Teknis Petugas Front Office, berlangsung di Lembah Permai Adventure Park Bontang, Sabtu (10/8/2024).

Kepala DKP3A Provinsi Kaltim Noryani Sorayalita mengatakan Petugas Front Office harus memahami apa itu Front Office, tugas dan fungsi dari Front Office karena petugas Front Office ini yang bertanggung jawab atas pelayanan tamu kantor, pelayanan yang berdasarkan SOP yang tepat serta cara berkomunikasi yang baik.

“Prinsip pelayanan Front Office yaitu Pelayanan untuk semua, berpenampilan yang baik, rapi dan bersih, memiliki komunikasi yang baik,” ujar Soraya.

Pelayanan yang berkualitas, lanjut Soraya, mengandung 4 hal seperti melayani, mengerti, memahami dan merasakan. Konsep dasar layanan Prima adalah Attitude (Sikap), Ability (Kemampuan), Attention (Perhatian), Action (Tindakan), Accountability (Tanggung Jawab) dan Appearance (Penampilan). Layanan Prima bermanfaat bagi 4 pihak yaitu, masyarakat, pegawai/frontiler, pemerintah daerah dan organisasi/Dinas Dukcapil.

“Tugas Front Office Dalam Pelayanan Adminduk adalah menerima tamu, menerima berkas persyaratan, memberikan penjelasan yang diperlukan dan membantu tamu sedangkan tanggung jawab Front Office Dukcapil adalah memastikan meja dalam keadaan rapi, dan bersih, memastikan bahan, peralatan dan ATK yang dibutuhkan tersedia lengkap, dan memastikan layanan tepat waktu,” terangnya.

Untuk menjadi petugas Front Office Dinas Dukcapil syarat yang dibutuhkan adalah menguasai subtansi layanan adminduk, disiplin, memiliki komunikasi yang baik, berpenampilan rapi, ramah dan santun, menghormati orang lain, dan berkepribadian yang baik.

“Sehingga dengan semakin baiknya pelayanan yang kita berikan maka kepercayaan masyarakat semakin tumbuh dengan baik dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan dan tertib administrasi kependudukan,” katanya.

Kegiatan ini diikuti oleh petugas front office Dinas Dukcapil kabupaten/kota se Kaltim. Hadir menjadi narasumber pada kegiatan ini Direktur Bintur Ditjen Dukcapil Kemendagri AndiKriamoni, Akademisi Unmul Abdullah Karim, Wakil Ketua Komisi Kompetensi Wartawan Endro S Efendi, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kaltim, dan Widyaiswara BPSDM Kaltim. (dkp3akaltim/rdg)