Loading...
PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK

Duta GenRe Bentuk Apresiasi dan Pengakuan Peran Penting Pemuda/Pemudi Dalam Membawa Misi Berencana dan Pembangunan

14 Juni 2024
Detail Berita

Samarinda --- Grand Final Apresiasi Duta GenRe (Generasi Berencana) dan Ajang Kreativitas Tingkat Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sukses digelar di Hotel Five Premier Samarinda, Jumat siang (14/6/2024)

Kegiatan ini ditandai dengan drama teatrikal tentang masa depan gemilang pemuda-pemudi bangsa, serta pembacaan ikrar Generasi Berencana Indonesia oleh para finalis Duta GenRe. Adapun sebanyak 10 pasangan dari Kalimantan Timur dan 4 pasangan dari Kalimantan Utara bertanding memperebutkan tiket Duta GenRe Tingkat Nasional.

Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik melalui Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kaltim Noryani Sorayalita mengatakan para peserta Duta GenRe yang telah berhasil sampai ke tahap Grand Final ini, patutlah diacungi jempol.

"Kalian adalah teladan bagi generasi muda lainnya untuk mengambil peran aktif dalam memajukan program berencana dan pembangunan di wilayah kita yang tercinta. Dengan menjadi duta, kalian memiliki kesempatan emas untuk menginspirasi banyak orang, khususnya rekan sebaya, tentang pentingnya perencanaan keluarga dan tanggung jawab sebagai generasi penerus bangsa," aku Soraya.

Ia menambahkan, kemampuan yang ditonjolkan pada Apresiasi Duta GenRe ini akan menunjukkan bahwa Generasi Muda Kaltim dan Kaltara juga memiliki keunggulan dan kualitas yang tidak kalah hebat dibandingkan dengan yang dimiliki oleh Generasi Muda provinsi lain di Indonesia. Karena itu, jangan malu, jangan merasa rendah diri, minder atau tidak percaya diri dengan bakat dan kemampuan pribadi diri sendiri, tetapi harus berani tampil dan diyakinkan bahwa kita juga bisa.

"Saya percaya, dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang kalian peroleh, kalian akan mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah dan bangsa," imbuh Soraya.

Bagi Soraya, Generasi Berencana adalah fondasi dari pembangunan berkelanjutan suatu bangsa. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah bentuk apresiasi dan pengakuan atas peran penting para pemuda dan pemudi dalam membawa misi berencana dan pembangunan ke tingkat yang lebih tinggi.
Selain itu, Pemerintah menyadari bahwa generasi muda adalah aset bangsa yang sangat berharga. Mereka adalah pemimpin masa depan yang akan menentukan arah dan nasib bangsa ini. Oleh karena itu, pembinaan dan pemberdayaan generasi muda harus terus dilakukan dengan sebaik-baiknya.
"Melalui program GenRe, kita berharap dapat menciptakan generasi yang memiliki pola pikir yang matang, mampu merencanakan masa depannya dengan baik, dan siap menghadapi tantangan global yang semakin kompleks," terang Soraya.
Soraya berharap Duta Genre dan semua pihak dapat menjadi pemicu semangat bagi para peserta dan masyarakat untuk terus berkontribusi dalam upaya menciptakan generasi yang lebih tanggap, bertanggung jawab, dan cerdas dalam merencanakan masa depan.
"Semoga kompetisi ini akan terus menjadi wadah bagi pemuda dan pemudi yang berpotensi untuk berkontribusi lebih besar dalam pembangunan daerah dan bangsa," tutup Soraya.
Tampak Hadir pada kegiatan ini Direktur Bina Ketahanan Remaja Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia (BKKBN RI), Edi Setiawan, Kepala BKKBN Perwakilan Kaltim Sunarto, Bunda GenRe Samarinda Rinda Wahyuni Andi Harun, dan Kepala Dinas PPKB Se Kaltim. (dkp3akaltim/rdg)