PHI Ke-94 Wagub : Ibu Harus Berdaya Sosial, Ekonomi dan Politik

Samarinda — Wakil Gubernur Kalimantan Timur H Hadi Mulyadi menghadiri Puncak Peringatan Hari Ibu ke-94 Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022 di Pendopo Odah Etam Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (22/12/2022).

Acara rutin tahunan ini diinisiasi oleh Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim kali ini mengangkat tema secara nasional Perempuan Berdaya Indonesia Maju, dihadiri pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim.

Acara diawali pembacaan sejarah Hari Ibu oleh Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Kalimantan Timur, bahwa sejak 1928 ditetapkan peringatan Hari Ibu setiap tanggal 22 Desember tapi tidak libur nasional.

Di hari puncak Peringatan Hari Ibu ke-94 ini, Wagub Hadi Mulyadi membacakan pidato tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati atau biasa disapa Menteri Bintang Puspayoga.

Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kaltim, Wagub Hadi Mulyadi mengucapkan selamat kepada para ibu dan kaum perempuan atas diperingatinya Hari Ibu ke-94.

“Sesuai tema, harapan kita agar para ibu ini berdaya secara sosial, ekonomi dan politik,” kata Wagub Hadi Mulyadi usai acara peringatan Hari Ibu ke-94.

Secara sosial menurut dia, para ibu memiliki peran yang aktif dan setara, sedangkan secara ekonomi adalah mampu dan berdaya membangun ekonomi keluarga.

“Sementara secara politik, artinya mereka para ibu mempunyai keterlibatan politik yang positif di daerahnya bahkan nasional,” lanjutnya.

Karena itu, orang nomor dua Benua Etam ini pun menegaskan Pemerintah memiliki tugas memfasilitasi dan masyarakat memberikan dukungan.

“Sedangkan para ibu atau wanita itu sendiri yang mendapat fasilitas dan dukungan harus meng-update dirinya, meningkatkan kapasitas diri supaya kesetaraan itu bukan karena dikasihani, tapi karya dan kerja kerasnya,” pungkas suami Hj Erni Makmur ini.

Diakhir acara, ditampilkan video pembacaan puisi berjudul Mama dan Negeri Tanpa Batas oleh Wagub Hadi Mulyadi, serta tampilan seni dan budaya dari Sanggar Pilar Kota Samarinda, juga penilaian kebaya terbaik bagi undangan dan pembagian doorprize.

Dalam rangkaian peringatan Hari Ibu Tahun 2022, DKP3A juga melaksanakan Seminar Peningkatan Kualitas Keluarga pada 6 Desember 2022, Rapat Koordinasi Perempuan Kaltim pada 8 Desember 2022, Ziarah dan Tabur Bunga ke Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa, dan kunjungan dan pemberian bingkisan bagi tokoh perempuan Kaltim.

Hadir Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekdaprov Kaltim H Riza Indra Riadi, Wakil Ketua TP-PKK Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi, Sekretaris DKP3A Hj Eka Wahyuni, Ketua DWP Kaltim Hj Indri Indah Winarni Riza, Ketua BKOW Kaltim drg Hj Suryani Astuti Tommy, pimpinan organisasi wanita di Kaltim, tokoh perempuan dan para penggiat perempuan di Kaltim.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.