Wagub Mentor Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional LAN RI

Samarinda — Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi didaulat mendampingi (mentor) bagi peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Lembaga Administrasi Negara RI, Jum’at, 26 Agustus 2022.

Evaluasi/seminar rancangan proyek perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XIV Tahun 2022 digelar selama satu hari di Puslatbang KDOD, Jalan HM Ardans (Ringroad), Sempaja Selatan Samarinda diikuti 59 peserta terdiri pejabat pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota di Indonesia.

Tampak peserta pelatihan dari pejabat eselon II lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim yang didampingi Wagub Hadi Mulyadi terdiri Staf Ahli Gubernur bidang Sumber Daya Alam, Perekonomian Daerah dan Kesra Christianus Benny, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Kurniawan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Agus Tianur dan Kepala Dinas Kependudukan Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hj Noryani Sorayalita.

Usai mendampingi peserta PKN, Wagub Hadi Mulyadi menyampaikan harapannya agar semua pejabat di Pemprov Kaltim tidak hanya yang mengikuti PKN ini, untuk bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Oleh karena itu, ujarnya, proyek perubahan ini diskenario sedemikian rupa, agar tidak hanya seseorang menjadi kepala daerah atau kepala dinas/instansi semata.

“Tetapi bagaimana semua pejabat mampu melakukan inovasi dan kreativitas untuk memberikan kemudahan dan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan kemajuan daerah,” harap Hadi.

Kepala Puslatbang KDOD Muhammad Aswad menjelaskan Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat Il Angkatan XXIV Tahun 2022 selama 5 bulan, terhitung sejak 5 Juli hingga 11 November.

Salah satu agenda pada pelatihan PKN lanjutnya, berupa seminar rancangan proyek perubahan yang digelar pada hari ini, Jumat 26 Agustus 2022.

“Dalam kegiatan ini peserta akan mempresentasikan Rancangan Proyek Perubahan yang akan diimplementasikan pada saat peserta masuk tahap IV,” ujarnya.

Muhammad Aswad menambahkan tujuan penyelenggaraan PKN Tingkat II guna mengembangkan kompetensi kepemimpinan strategis pada Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang akan berperan dan melaksanakan tugas serta fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

Salah satu peserta PKN yang didampingi Wagub Hadi Mulyadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Muhammad Kurniawan menyampaikan materi proyek perubahan yang dipresentasikan yakni Strategi Peningkatan Kapasitas Siswa melalui Kurikulum Dua Track (Double Track).

Peserta PKN Tingkat II Angkatan XIV terdiri Provinsi Kalimantan Timur 4 orang, Kabupaten Berau 4 orang, Kabupaten Bulungan 4 orang, Kabupaten Selayar 1 orang, Kabupaten Kutai Barat 3 orang, Kabupaten Kutai Kartanegara 7 orang, Kabupaten Malinau 2 orang, Kabupaten Mamuju Tengah 2 orang, Kabupaten Paser 3 orang, Kabupaten Penajam Paser Utara 2 orang, Kabupaten Sidenreng Rappang 1 orang, Kabupaten Tana Tidung 2 orang, Kota Balikpapan 8 orang, Kota Manado 4 orang, Kota Samarinda 9 orang, Kota Tarakan 1 orang dan Kabupaten Sorong Selatan 2 orang.

Sementara penguji (coach) pelatihan tampak hadir widyaiswara utama Bere Ali, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Siti Farisyah Yana dan Kepala Puslatbang KDOD Muhammad Aswad. (adpimprovkaltim)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *