Kolaborasi Kemen PPPA dan Dunia Usaha Tingkatkan Kapasitas Konselor PUSPAGA

Jakarta — Menjadi orang tua merupakan sebuah tanggung jawab besar dan penuh tantangan. Banyak kekhawatiran yang hadir, terlebih menghadapi situasi pandemi Covid-19. Merespon hal ini, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (Kemen PPPA) berkolaborasi dengan Nestle Dancow Nutritods berupaya meningkatkan kapasitas para konselor PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga) guna mendukung peran orang tua dalam pengasuhan.

“Melalui kegiatan ini para pengelola layanan peningkatan kualitas hidup anak dalam hal ini PUSPAGA mendapatkan pengetahuan terkait penguatan kapasitas bagi orang tua. Meningkatkan kapasitas orang tua melalui kampanye #BundaBangga penting untuk mengisi kekosongan terkait pengasuhan yang saat ini sangat-sangat dibutuhkan di masa pandemi yang tantangannya luar biasa,” ujar Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan dan Lingkungan Kemen PPPA Rohika Kurniadi Sari dalam Webinar Bincang #BundaBangga Bersama PUSPAGA yang digelar secara virtual.

Rohika menambahkan di masa pandemi Covid-19 penting bagi para konselor PUSPAGA untuk meningkatkan pengetahuan orang tua, hal ini sesuai dengan arahan Presiden ke Kemen PPPA yaitu meningkatkan peran ibu dan keluarga dalam pendidikan/pengasuhan anak. Melalui Buku Saku #BundaBangga para konselor PUSPAGA maupun Dinas PPPA diharapkan dapat mendukung keluarga dan para orang tua agar aktif mendidik dan berkomunikasi dengan si buah hati di rumah.

“Layanan PUSPAGA yang saat ini berjumlah 189, menjadi ujung tombak untuk memampukan para orang tua sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap anak untuk memberikan pengasuhan terbaiknya. Pengasuhan yang baik merupakan hak dasar anak dan semua yang kita lakukan demi kepentingan terbaik bagi anak,” tambah Rohika.

Sebelumnya, Kemen PPPA bersama Nestle Dancow Nutritods telah meluncurkan Buku Saku #BundaBangga sebagai buku panduan digital bagi orangtua di Indonesia untuk memastikan tumbuh kembang anak optimal dan mendukung lingkungan terbaik bagi anak. Buku saku ini berisi tips seputar parenting dan dapat diakses melalui situs website https://www.dancow.co.id/dpc/bukusakubundabangga.

Interaksi dan komunikasi memiliki beragam manfaat. Bagi anak, ungkapan kebanggaan dan juga apresiasi dapat meningkatkan harga diri, kepercayaan diri, ketangguhan dalam menghadapi masalah, rasa bahagia dan nyaman serta kooperatif dalam masa tumbuh kembang. Di sisi lain, bagi orangtua menyadari setiap proses tumbuh kembang anak dapat membantu membentuk interaksi positif serta menganalisa kebutuhan anak dalam masa tumbuh kembangnya.

Dalam webinar tersebut, para konselor PUSPAGA memperoleh materi terkait Kampanye dan isi Buku Saku #BundaBangga yang berisi mengenai nutrisi, stimulasi dan pola asuh dari Brand Manager Nestle Dancow Nutrtods Anindia Putri, dan materi pentingnya apresiasi bunda dan ayah dari Psikolog Klinis Anak, Monica Sulistiawati. (birohukum&humaskpppa)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.