DKP3A Sambut Baik Aplikasi SIMEP

Samarinda — Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Kaltim menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Penyelenggaraan Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak di Pemerintah Daerah yang dipimpin langsung Kepala Biro Kesra Kaltim Andi Muhammad Ishak, di Ruang Tenguyun Lantai 4 Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (18/02/2021).

Andi Ishak mengatakan agar Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim dapat menjadi koordinator untuk menindaklanjuti dari pertemuan ini. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pun berharap upaya pengumpulan data dapat dihimpun sebelum bulan Mei mendatang.

Sebelumnya, KPAI bekerjasama dengan DKP3A Kaltim menggelar Sosialisasi dan Pendampingan Aplikasi Sistem Monitoring Evaluasi dan Pelaporan (SIMEP), di Hotel Aston Samarinda, 5 November tahun lalu. Kegitan tersebut diikuti Dinsos Kaltim, Kejaksaan Kaltim, Pengadilan Tinggi Kaltim, Unit PPA Polresta Samarinda, Dinas P2PA Samarinda, dan Satgas PPA Kaltim. Hadir menjadi narasumber Kepala Sekretariat KPAI Erlita Ghafar.

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak, Junainah mengatakan menyambut baik atas rekomendasi penggunaan aplikasi SIMEP.

“Selanjutnya DKP3A perlu mempelajari lebih lanjut terkait penggunaan aplikasi SIMEP,” ujarnya.

Sebagai informasi, selama ini DKP3A Kaltim telah menggunakan sistem aplikasi pencatatan dan pelaporan kekerasan perempuan dan anak melalui Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMFONI – PPA) yang dikembangkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA). (dkp3akaltim/rdg)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *