Gubernur Koordinasikan Penanganan Covid-19

Samarinda — Gubernur Kaltim H Isran Noor membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Dearah (Forkopimda) se-Kaltim dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 yang digelar di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (4/2/2021).

“Pada rapat hari ini, kita tidak lagi berbicara data, tetapi mencari solusi strategi bagaimana kita menghadapi kondisi Provinsi Kaltim yang kemarin (Hari Rabu 3 Februari 2021) memecahkan rekor tertinggi selama pandemi Covid-19. Karena yang terkonfirmasi positif ada penambahan sebanyak 903 kasus. Dan yang meninggal dunia 13 pasien,” kata Isran Noor.

Rapat dilakukan untuk mencari solusi bagaimana meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Kemudian melakukan koordinasi yang lebih intensif ke tingkat bawah, mulai dari gubernur bupati/ wali kota, kecamatan sampai ke tingkat desa, termasuk mempersiapkan dan pembentukan posko-posko.

Termasuk upaya bagaimana mengurangi dan menekan tingkat kematian, karena selama ini walaupun lebih rendah secara nasional, tetapi cukup tinggi.

“Kalau tidak salah 2,4 persen, mestinya dibawah 1 persen kalau perlu tidak ada atau 0,” seru Isran.
Gubernur mengajak bupati/wali kota mengambil kebijakan terbaik bagi daerah sebagai upaya untuk menekan bahkan memutus rantai penularan Covid-19 di masing-masing daerah.

Masukan juga disampaikan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak.
Pendapat juga disampaikan para bupati/wali kota yang ikut secara virtual untuk melaporkan upaya apa saja yang telah dilakukan dalam memutus mata rantai penularan Covid-19, yang dimulai dari Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi, dan penyampaian laporan di akhir dari bupati Mahakam Ulu.

Tampak hadir mendampingi Gubernur Kaltim H Isran Noor, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, Ketua DPRD Kaltim H Makmur HAPK, Sekda Provinsi Kaltim HM Sa’bani, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, Asisten Pemerintahan dan Kesra Serdaprov Kaltim HM Jauhar Efendi, kepala OPD dan Biro di lingkungan Pemprov Kaltim. (humasprov kaltim)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *