Komisi VIII DPR Kunker ke PKM Damai Khusus ABK

Balikpapan — Komisi VIII DPR RI melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Puskesmas Damai Khusus Layanan Anak Berkebutuhan Khusus, Balikpapan, Jumat (9/10/2020).

Kunker dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VIII Ihsan Yunus didampingi Tim Kementrian PPPA terdiri dari Asdep PHA Atas Kesehatan dan Kesejahteraan Hendra Jamal dan Asdep Ketenagakerjaan Perempuan Deputi Perlindungan Hak Perempuan. Rombongan diterima oleh Asisten II Sekkot Balikpapan M Noor, Kepala DKP3A Kaltim Halda Arsyad, Perwakilan Biro Kesra Setda Kaltim Sofia Rahmi, Kepala DP3AKB Balikpapan Sri Wahjuningsih, Kepala Dinas Kesehatan Andi Sri Juliarty, dan Kepala PKM Damai beserta jajaran Drg. Sekar.

Ihsan Yunus mengapresiasi kelengkapan sarpras dan tenaga medis / terapi yang tersedia Puskesmas  Damai Khusus Layanan Anak Berkebutuhan Khusus. Selanjutnya rombongan meninjau ruang layanan lantai 1 sampai dengan lantai 3.

“Jika ada hal urgent yang mendesak terkait kebutuhan sarpras di Pusat Kesehatan Layanan Khusus ABK, disilahkan untuk membuat proposal  permohonan anggaran  disertakan dengan alasan dan data dukung lainnya,” ujar Ihsan Yunus.

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI juga telah bertemu dengan Gubernur Kaltim untuk menyerahkan bantuan 1,3 Milyar bagi 53 Pondok Pesantren Se-Kaltim. kegiatan tersebut berlangsung di Asrama Haji Kota Balikpapan.

Sebagai informasi, Puskesmas  Damai Khusus Layanan Anak Berkebutuhan Khusus merupakan  layanankesehatan masyarakat yang pertama di Balikpapan bahkan di Kaltim, melayani rujukan kesehatan ABK di Balikpapan mulai usia 0 bulan sampai dengan 12 tahun. Gedung pelayanan kesehatan ini terdiri dari 3 lantai dengan 8 layanan terdiri dari ruang fisioterapi, okupasi terapi, sensori integrasi,  terapi wicara, behaviour therapy, brain gym, terapi snoezelen, dan assesment.

Selain itu, Asdep PHA Atas Kesehatan dan Kesejahteraan, Deputi TumbuhKembang Anak Hendra Jamal memberikan buku-buku edukasi dan alat permainan edukasi berupa ular tangga. (dkp3akaltim/rdg)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.