Sa’bani : Perlu Sosialisasi Protokol Kesehatan Lebih Intensif

Samarinda — Penjabat (Pj) Sekprov Kaltim HM Sa”bani mengatakan kunci utama dalam memutus rantai penularan Covid-19 ada pada masyarakat. Bila masyarakat bisa menjalankan atau mematuhi protokol kesehatan dengan baik, maka aktivitas juga bisa dilakukan dengan aman.

“Perlu sosialisasi protokol kesehatan secara intensif kepada seluruh lapisan masyarakat,” tegas HM Sa’bani usai menghadiri Video Conference Pelaksanaan Kesiapan Wilayah Perkotaan Menyambut Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Ruang Heart Of Borneo Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (19/6/2020).

Menurut Sa’bani sosialisasi protokol kesehatan juga sangat penting, sehingga seluruh lapisan masyarakat benar-benar memahami apa protokol kesehatan itu dan bagaimana pelaksanaannya di lapangan. Dengan begitu masyarakat bisa melaksanakannya dengan baik, sehingga dapat mengurangi penularan Covid-19.

“Pada dasarnya protokol kesehatan itu ada tiga hal utama yang harus dipatuhi dan dilaksanakan masyarakat yaitu memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak (physical distancing),” tandasnya.

Menggunakan masker ketika keluar rumah sangat penting, lanjut Sa’bani, karena siapa saja sekarang punya potensi akan terjangkit terhadap virus corona. Dengan masker, masyarakat sudah melaksanakan antisipasi penularan, terutama dari percikan air liur atau ketika bersin. Pencegahan itulah yang diharapkan konsisten dilakukan masyarakat dalam mengurangi penyebaran Covid-19.
Kemudian sosislisasi mencuci tangan yang sebenarnya, tidak asal mencuci, tapi ada tata cara dengan menggunakan sabun pada air yang mengalir minimal 20 detik sebelum maupun sesudah melakukan aktivitas. Dimana tangan merupakan media yang paling cepat menerima semua virus atau bakteri. Karena, tangan ini media yang paling banyak mengandung micro organisme. Dan tangan adalah bagian yang paling aktif untuk memegang sesuatu maupun menyentuh sesuatu.

“Maka dari itu, bisa saja tangan kita sendiri maupun orang lain telah terkontaminasi dengan virus atau bakteri. Sehingga kita tidak mengetahuinya. Makanya, kita harapkan masyarakat diwajibkan untuk tidak malas mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir,” pesannya.

Ia juga minta masyarakat untuk selalu disiplin menjaga jarak (physical distansing). Karena salah satu kunci dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 adalah melaksanakan anjuran pemerintah yaitu perketat physical distancing dengan selalu menghindari tempat berkerumunnya orang di suatu tempat, termasuk masyarakat diminta untuk terus melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, rajin berolahraga dan menjaga imunitas tubuh dengan makan makanan yang sehat dan bergizi.

“Dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan dan melakukan pola hidup sehat, maka masyarakat akan terhindar dari penularan Covid-19,” yakin Sa’bani. (/humasprovkaltim)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *