Kemendagri Sediakan 16 Juta Keping Blangko KTP-el, Kaltim Sudah Terdistribusi

Samarinda — Untuk melayani kebutuhan masyarakat akan data kependudukan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal kependudukan dan pencatatan sipil telah menyediakan sebanyak 16 juta blangko KTP-el pada awal tahun 2020.

“Blangko saat ini sudah tersedia 16 juta keping dan sudah terdistribusi ke daerah sekitar 3,3 juta keeping,” kata zudan dalam siaran pers, Kamis (30/1/ 2020) siang.

Dari 3,3 juta keping yang telah didistribusikan ke daerah tercatat telah terpakai untuk mencetak KTP-el sebanyak 1,9 juta, sementara sisanya bersifat tersedia dan siap digunakan.

“Saat ini di daerah sedang berproses mencetak KTP-el dari 3,3 juta keping ini yang sudah terpakai untuk mencetak KTP-el yaitu 1,9 juta, masih ada 1,4 juta keping stok di daerah,” ujarnya.

Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kaltim, Halda Arsyad mengatakan, saat ini blangko KTP-el sudah terdistribusi di seluruh kabupaten/kota di Kaltim.

“Berdasarkan laporan masing-masing kabupaten/kota, Kota Samarinda dan Balikpapan masing-masing mendapat 10 ribu keping. Berau, Penajam Paser Utara, Kutai Timur dan Bontang masing-masing mendapat 5 ribu keping. Kabupaten/kota lainnya akan menyusul,” ujarnya.

Menurut aplikasi E-Infoduk DKP3A Kaltim, jumlah penduduk wajib KTP semester II tahun 2019 sebanyak 2.548.407 dengan rincian laki-laki 1.327.899 dan perempuan 1.220.508. (DKP3AKaltim/rdg)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *