Berau Miliki 5 Desa Prima

Tanjung Redeb — Dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga yang dimotori perempuan Dinas Kependudukan, Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A Kaltim melaksanakan Pembinaan dan Evaluasi Desa Prima di Kabupaten Berau, berlangsung di Aula PKK Berau, Rabu (20/11/2019).

Kepala Dinas KP3A Kaltim Halda Arsyad melalui Kasi KG Bidang Ekonomi Suraidah mengatakan sudah terbentuk lima desa/kelurahan prima di Kabupaten Berau, antara lain Kampung Tanjung Batu, Kampung Pulau Derawan, Kampung Labanan Jaya, Kampung Bedunggun dan Kampung Sukan. Dengan potensi alamnya berasan dari hasil laut dan perkebunan.

“Seteah terbentuk Desa Prima, Pemerintah Provinsi membuat program dan kegiatan Bimbingan Manajemen Usaha (BMU) bagi perempuan dalam mengelola usaha dan praktek pembuatan manisan dari rambutan dn rumput laut serta pembuatan nugget dan pentol dari ikan,” ujarnya.

Suraidah menambahkan, kegiatan ini merupakan stimulant dalam rangka mendorong desa prima sesuai dengan potensi masing-masing. BMU menjadi salah salu upaya membangun industri rumahan (IR) untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui pemberdayaan perempuan.

IR merupakan salah satu usaha  mikro yang banyak menyerap tenaga kerja perempuan. Untuk mengembangkan IR yang efektif dan efesien maka diperlukan peran serta pemerintah dan pemerintah daerah dengan tetap memeprhatikan aspek perspektif gender dan perlindungan hak anak.

“Oleh karena itu, tujuan kita mengevaluasi adalah untuk mengetahui perkembangan usaha yang dilakukan oleh ibu-ibu dalam kelompok desa prima,” imbuhnya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 40 peserta. Tampak hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas PPKBP3A Berau Rohaini. (DKP3AKaltim/rdg)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *