DKP3A Kaltim Advokasi KLA di Mahulu

Ujoh Bilang — Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim melaksanakan Advokasi Pembinaan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), berlangsung di Aula Bappeda Mahulu, Rabu (20/11/2019).

Kepala Dinas KP3A Kaltim Halda Arsyad melalui Kabid PPPA Noer Adenany, mengatakan hal ini bertujuan untuk memenuhi hak dan melindungi anak serta  membangun inisiatif pemerintahan kabupaten/kota yang mengarah pada upaya transformasi Konvensi Hak Anak (Convention on the Rights of the Child) dari kerangka hukum ke dalam definisi, strategi dan intervensi pembangunan, dalam bentuk: kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang ditujukan untuk pemenuhan hak dan perlindungan anak.

“Prinsip pengembangan KLA yaitu non diskriminasi, kepentingan yang terbaik untuk anak, hak untuk hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan. penghargaan terhadap pendapat anak dan tata pemerintahan yang baik,” ujarnya.

Dany sapaan akrabnya melanjutkan, KLA penting untuk diwujudkan karena jumlah anak sepertiga dari total penduduk. Anak merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan hidup bernegara. Tingginya kekerasan terhadap anak baik dilingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga.

“Selain itu, koordinasi dan kemitraan antar pemangku kepentingan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak masih lemah dan harus diperkuat agar terintegrasi, holistik dan berkelanjutan. Masih terbatasnya ruang bermain anak yang dapat meningkatkan kreatifitas anak,” katanya.

Mahulu sebagai kabupaten yang berbatasan dengan Negara Malaysia menjadi perhatian pemerintah. Menjadi Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN), tentunya harus didukung dengan menciptakan ruang terbuka yang ramah bagi anak.

“Karena perbatasan adalah wajah Indonesia, maka menampilkan wajah Negara selain pembangunan infrastrukturya juga harus dengan pemenuhan hak bagi anak. Pemerintah siap mendukung terkait pelaksanaan pengembangan KLA di Mahulu” imbuhnya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan Deklarasi Komitmen Mahulu Menuju KLA oleh anggota gugus tugas KLA Kabupaten Mahulu. (DKP3AKaltim/rdg)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *