46% Industri Rumahan Pengelolannya Adalah Perempuan

Samarinda — Dinas Kependudukan Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim melakukan Bimbngan Manajemen Usaha (BMU) bagi Perempuan dalam Mengelola Usaha di Kelurahan Sanga-Sanga Muara, Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar), Rabu (16/10/2019).

Kepala Dinas KP3A Kaltim Halda Arsyad, melalui Kasi KG Bidang Ekonomi Suraidah, mengatakan jumlah Usaha Mikro Kecil di Kaltim sebanyak 16.083 Unit, Sebagian merupakan industri rumahan dan 46 % pengelolannya adalah kaum perempuan.

“Dengan jumlah yang cukup banyak itu, maka peran perempuan pengusaha sangat penting bagi ketahanan ekonomi, karena mampu menciptakan lapangan kerja, menyediakan barang dan jasa dengan harga murah serta mengatasi masalah kemiskinan,” ujarnya.

Selain itu, pembangunan aspek ekonomi dalam keluarga, menjadi suatu yang sangat penting diupayakan agar keluarga dapat membangun dirinya menjadi keluarga yang mandiri secara ekonomi. Karena sebuah keluarga baru dapat melaksanakan fungsi keluarga secara utuh mulai dari fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih,  melindungi, fungsi ekonomi hingga pembinaan lingkungan, apabila keluarga tersebut telah di topang oleh landasan ekonomi yang kuat.

“Salah satu perwujudan dalam membangun aspek ekonomi dalam keluarga adalah membangun jiwa wirausaha secara berkelanjutan, terutama bagi kaum perempuan atau ibu rumah tangga, disamping tidak melupakan kewajibannya dalam urusan rumah tangga,” katanya.

Kegiatan BMU perempuan dalam mengelola usaha pada industri rumahan di lokasi desa prima ini, diharapkan dapat lebih meningkatkan produktivitas dari ibu-ibu dalam rangka mengembangkan diri sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan / kesejahteraan keluarga melalui para pelaku industri rumahan.

Pada kegiatan ini, masyarakat diberi praktek membuat kerajinan tangan (handy craft) berupa gantungan kunci, perekat / hiasan kulkas dan hiasan meja. (DKP3AKaltim/rdg)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *