HAN Harus Jadi Momen Kepedulian Pemenuhan Hak Anak

Samarinda — 800 anak meriahkan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat provinsi yang berlangsung di Pendopo Odah Etam Komplek Kantor Gubernur Kaltim, Senin (29/7/2019). Kegiatan ini dibuka Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Administrasi Umum Setda Prov Kaltim H Fathul Halim mewakili Gubernur Kaltim H Isran Noor dan turut dihadiri Ibu Hj Norbaiti Isran Noor.

Mengusung tema Kualitas Keluarga Penopang Perlindungan Anak, dengan sub tema Cegah Pernikahan Usia Anak, peringatan ini dimaknai kepedulian bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Keluarga menjadi lembaga pertama dan utama memberikan perlindungan anak, sehingga menghasilkan generasi penerus yang sehat, cerdas ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

“Selamat merayakan Hari Anak Nasional 2019. Semoga anak-anak kita tumbuh sehat lahir dan bathin, serta terpenuhi hak-haknya. Semoga peringatan HAN ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kepedulian terhadap pemenuhan kebutuhan dan hak anak-anak di seluruh wilayah Kaltim,” harap Gubernur.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Halda Arsyad mengatakan  HAN yang diperingati setiap tanggal 23 Juli sebagai upaya menjamin hak-hak anak yaitu hak hidup, hak kelangsungan hidup, perkembangan dan menghargai pandangan anak, kepentingan terbaik bagi anak dan non diskriminasi.

Pada kesempatan ini dilakukan launching Kartu Identitas Anak (KIA) Kaltim oleh Ibu Hj Norbaiti Isran Noor. Serta penyerahan hadiah kepada pemenang lomba batita dan balita sehat, lomba konselor sebaya se Kaltim.

Untuk lomba kenselor sebaya tingkat SMA dimenangkan SMA IT Granada, dan SMKN 1 Samarinda. Sementara tingkat SMP diraih oleh SMPN 4 Samarinda, SMPN 10 Samarinda dan MTS Model Samarinda. Untuk Harapan I diraih SMPN 11 Samarinda dan Harapan II SMPN 1 Samarinda.

Hadir Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Hj Halda Arsyad, Kepala Diskominfo Kaltim Diddy Rusdiansyah, Kepala Saptol PP Kaltim Gede Yusa. Tampak Kepala Bappeda Kota Samarinda Ananta Fathurrozi dan Kepala Disdukcapil Kota Samarinda Abdullah, serta perwakilan perangkat daerah Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda. (DKP3AKaltim/rdg)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *