Wujudkan Clean Data Melalui Bimtek Simfoni PPPA

By: dela dkp3a
Rabu, 03 Okt 2018
82 pembaca
Samarinda --- Kekerasan terhadap perempuan dan anak kerap terjadi baik di ranah publik maupun pribadi (didalam rumah tangga) dan dapat terjadi kapan saja, baik pada situasi damai maupun konflik.

Selama ini, gambaran utuh tentang kejadian dan bentuk kekerasan juga belum dapat dibuat secara akurat karena minimnya data tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di unit pemberi layanan bagi perempuan dan anak korban kekerasan, seperti Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA) di Polda dan Polres, di Rumah Sakit, P2TP2A dan lembaga-lembaga lainnya.

Dengan kondisi tersebut dan sejalan dengan kebijakan pemerintah, Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) menyelenggarakan kegiatan Bimtek Pengelolaan Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMFONI – PPA), berlangsung di Hotel Selyca Mulia, Rabu (3/10).

Kabid Sistem Data Gender dan Anak (SDGA) Farida Hidro Foliyani, dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan hasil pengembangan sistem aplikasi, sistem pencatatan dan pelaporan SIMFONI–PPA Tingkat Nasional kepada petugas pengelola data kekerasan di kabupaten / kota dan provinsi.

“Selain itu, mengevaluasi kinerja petugas pengelola data kekerasan di kabupaten/kota. Mengevaluasi dan mengedit data yang kurang tepat, guna terwujudnya clean data dan.menginput data kekerasan tahun 2016 dan 2017 bagi yang belum lengkap,” ujarnya.

Diharapkan dengan Bimtek ini dapat menggambarkan potret kinerja petugas pengelola data kekerasan di Tingkat kabupaten/kota. Data kekerasan tahun 2016 dan 2017 dapat tersaji secara optimal. Dapat memberikan masukan untuk mekanisme koordinasi pengelolaan data kekerasan antar jejaring di unit pelayanan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 51 peserta dari Dinas PPPA, Polda/Polres, rumah sakit dan P2TP2A se-Kaltim. (DKP3AKaltim/rdg)