World Contraception Day, Pentingnya Pengetahuan Kesehatan Reproduksi

By: dela dkp3a
Jumat, 05 Okt 2018
32 pembaca
Samarinda --- Memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia / World Contraception Day (WCD), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim menggelar Senam Poco-Poco Nusantara, di halaman Kantor Perwakilan BKKBN Kaltim, Jumat (5/10).

Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Halda Arsyad, saat membuka kegiatan ini menyampaikan pentingnya pengetahuan perempuan terkait kesehatan reproduksi dan perencanaan keluarga melalui KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi).

“Melalui Hari Kontrasepsi Sedunia ini saya berharap agar seluruh pemangku kepentingan dan mitra kerja serta sektor terkait, memberikan komitmen dan kinerja terbaik untuk pelaksanaan Program KKBPK. Keluarga berencana dan pendidikan adalah langkah penting untuk memutus siklus kemiskinan, baik untuk perempuan dan keluarganya.” Ujar Halda.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Eli Kusnaeli, dalam sambutannya mengatakan olahraga mempunyai sifat yang mempersatukan karena dalam olahraga kita kembali ke dalam fitrah kita semula, meninggalkan status, profesi dan menghandalkan kemampuan kita selaku manusia. Selain itu olahraga juga memelihara semangat kebersamaan serta memelihara tingkat kesegaran mental dan kebugaran fisik kita dari kesibukan rutinitas sehari-hari.

“Senam Poco-Poco yang dilaksanakan hari ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Kontrasepsi Sedunia / World Contraception Day (WCD) yang dilakukan serentak pada pukul 08.00 WIB/WIT/WITA oleh Perwakilan BKKBN Provinsi di seluruh Indonesia dengan mengundang mitra kerja seperti Dinkes, IDI, IBI, TOGA, TOMA, PKK dan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Keberhasilan meletakkan fondasi keluarga kecil bahagia sejahtera yang telah diraih selama ini bukan semata-mata hasil kerja Pemerintah Pusat, dalam hal ini BKKBN saja; melainkan juga kerja keras dan peran serta para pemangku kepentingan dan mitra kerja. Untuk itu marilah kita budayakan hidup sehat, salah satunya melakukan hal yang cukup sederhana, seperti senam, berjalan, berlari, ataupun kegiatan lain yang dapat menyehatkan tubuh. (DKP3AKaltim/rdg)