Tingkatkan Cakupan Dokumen Kependudukan dengan Bimtek Pendaftaran Penduduk

By: dela dkp3a
Kamis, 27 Sep 2018
34 pembaca
Samarinda --- Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim menggelar Bimtek Pendaftaran Penduduk bagi Aparatur Penyelenggara Pendaftaran Penduduk pada Dinas Kependudukan Provinsi dan Disdukcapil Kabupaten/Kota se-Kaltim dalam rangka menyongsong Pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019, berlangsung di Hotel Midtown, Kamis (27/9).

Kepala Dinas KP3A Kaltim Halda Arsyad melalui Kasi Bina Aparatur Pendaftaran Penduduk (BAPP) Sulekan, mengatakan dalam laporannya bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota dalam pendaftaran dan penerbitan identitas penduduk atas peristiwa kependudukan yang dialami penduduk guna peningkatan cakupan kepemilikan dokumen KK, KTP-el dan KIA.

“Selain itu menyediakan data dan informasi penduduk yang akurat dengan melaksanakan tertib administrasi kependudukan dan menyukseskan penyelenggraan pemilu tahun 2019 dengan penyediaan database kependudukan yang berkualitas,” ujarnya.

Sasaran yang diharapkan yaitu terwujudnya komitmen yang sama untuk menyukseskan tertib aminduk yaitu tertib database kependudukan, tertib NIK dan tertib dokumen kependudukan sesuai dengan tahapan dan sasaran yang ditetapkan.

“Tentunya juga untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan aparatur provinsi dan kabupaten/kota dibidang penyelenggaraan pendaftaran penduduk,” imbuhnya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 40 peserta dari pejabat Dinas KP3A Kaltim, kepala bidang dan kasi pendaftaran penduduk Disdukcapil kabupaten/kota se-Kaltim. (DKP3AKaltim/rdg)