PHI Ke-90 Dirangkai Ziarah Ke TMP dan Bhaksos

By: dela dkp3a
Sabtu, 22 Des 2018
51 pembaca
Samarinda --- Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-90 Tahun 2018, sederet rangkain kegiatan telah digelar. Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim bekerjasama dengan berbagai organisasi wanita di Kaltim menggelar ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa Samarinda, Sabtu pagi (22/12).

Di pimpin langsung oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kaltim Norbaiti Isran Noor, kegiatan diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dilanjutkan dengan peletakan rangkaian bunga dimonumen TMP Kesuma Bangsa dan lanjutkan tabur bunga di pusara makam pahlawan.

Norbaiti mengatakan, ziarah ke makam pahlawan sebagai bentuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. “Semangat inilah yang ingin ditanamkan kepada seluruh perempuan agar dapat berkontribusi pula dalam mengisi pembangunan khususnya pembangunan di Kaltim,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada seluruh perempuan untuk intropeksi diri, karena perjuangan pahlawan itu sangat besar tidak bisa dinilai dengan apapun, tetapi perjuangan itulah yang harus diperjuangkan sampai sekarang dengan mengisi kegiatan positif dan membangun.

“Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Seluruh rangkaian kegiatan ini berjalan sederhana, khidmat, tertib, dan penuh makna serta memberikan kesan yang mendalam dan bermanfaat bagi kaum perempuan.

Secara terpisah, Kepala Dinas KP3A Kaltim Halda Arsyad melalui Sekretaris DKP3A Kaltim Zaina Yurda, mengatakan, PHI menjadi pengingat apa saja upaya yang telah pemerintah berikan bagi perempuan untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam pembangunan daerah.

“Maka diharapkan, jangan semata-mata perayaan saja setelah itu tidak ada tindak lanjut. Mari bersama-sama membangun perempuan-perempuan hebat untuk keluarga, masyarakat dan negaranya dengan meningkatkan peran serta dan partisipasi perempuan dalam pembangunan daerah,” tutur Yurda.

Usai melakukan ziarah, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan bhakti sosial ke RSUD AWS Samarinda, mengunjungi Ruang Mawar Kelas III, ruang khusus ibu dan anak. Selain memberikan bingkisan juga memberikan semangat untuk tetap hidup sehat dan bermanfaat bagi sesama.

Kegiatan tersebut di hadiri Wakil Ketua TP PKK Kaltim Erni Makmur Hadi Mulyadi, istri Wali Kota Samarinda Puji Setyowati, Bhayangkari, Persit Dharma Pertiwi Chandra Kartika Koorcab Samarinda, Ketua BKOW Kaltim, DKP3A Kaltim, IKWI Kaltim, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Wanita, Lembaga Swadaya dan Organisasi Kemasyarakatan. (DKP3AKaltim/rdg)