Pemantauan dan Evaluasi PUG Diharapkan Berikan Manfaat Pembangunan

By: dela dkp3a
Rabu, 31 Okt 2018
43 pembaca
Samarinda --- Pada tahun 2011 dan 2012 Provinsi Kaltim telah mendapatkan penghargaan Anugerah Parahyta Ekapraya (APE) tingkat Pratama, dan pada tahun 2014 meningkat menjadi Madya. Sedangkan pada tahun 2016 mendapatkan peringkat Pratama. ini menggambarkan pelaksanaan pembangunan dengan strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) tidaklah mudah dllakukan, karena melibatkan lintas sektor

Hal ini disampaikan Pj Sekda Kaltim Meiliana dalam sambutannya pada kegiatan Verifikasi Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan PUG di Kaltim Tahun 2018 yang diinisiasi oleh Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, berlangsung di Ruang Rapat Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (30/10).

“Kita patut berbangga bahwa Bappeda sebagai Ketua Pokja PUG berupaya mencari berbagai strategi dalam menggerakkan seluruh potensi untuk mengintegrasikan gender di berbagai program, kegiatan, membangun komitmen, menetapkan kebijakan serta kelembagaan guna peningkatan capaian kesetaraan gender di Kaltim khususnya melalui nilai Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG),” ujarnya.

Komitmen Pemerintah Kaltim dalam mengintegrasikan gender dimandatkan dalam RPJMD 2013-2018 Bab VI pada Strategi dan Arah Kebijakan dilanjutkan dengan komitmen Gubernur baru yang menuangkan isu gender dalam visi misi Berdaulat dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Berakhlak Mulia dan Berdaya Saing, terutama perempuan, pemuda dan penyandang disabilitas dengan program unggulan peningkatan kapasitas perempuan, pemuda dan difabel serta perlindungn anak.

“Puji Syukur Alhamdulillah pada RPJMD 2019-2023, kensekuensinya seluruh perangkat daerah sungguh-sungguh mengusung guna terwujudnya kesetaraan gender dimana perempuan dan laki-laki walau berbeda namun tidak dibeda-bedakan dalam hal partisipasi, akses, kontrol dan memanfaatkan hasil pembangunan,” imbuh Meiliana.

Meiliana juga mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Kementerian PPPA yang telah menetapkan Provinsi Kaltim dan Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar) sebagai pemerintah daerah yang telah memenuhi syarat untuk diverifikasi atas isian Aplikasi Evaluasi APE PPPA 2018 dalam rangka memenuhi syarat pada Penghargaan APE yang merupakan apresiasi atas munculnya semangat dan antusisame provinsi atau kabupaten/kota yang telah dilaksanakan dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Kegiatan ini hadiri oleh Tim Verifikasi Data APE KPPPA terdiri dari Pakar Gender (Tim Independen) Mudjiati, Kabid Infralin Agam, Kasubbid Fasilitasi Politik Sri Murni, Kasubiid Pemantauan dan Evaluasi Politik Gender Supriyanto, Tim Penggerak PUG Kaltim yaitu Kepala Bappeda Kaltim Zairin Zain BPKAD Kaltim, Inspektorat dan DKP3A Kaltim, Kepala Bapenda Kaltim Ismiati, Ketua KPPI Kaltim Sri Budi Yaumid, perwakilan OPD di lingkungan Pemprov Kaltim, LM pemerhati perempuan dan anak, dan Forum Anak Kaltim. (DKP3AKaltim/rdg)