Grand Final, Kaltim-Kaltara Dapatkan Figur Motivator Duta GenRe 2018

By: dela dkp3a
Minggu, 22 Apr 2018
287 pembaca
Samarinda – Dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan program GenRe dikalangan remaja dan mahasiswa agar memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku positif dalam perkembangan diri remaja. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kembali menggelar Ajang Kreatifitas dan Anugerah Duta Generasi Berencana (GenRe) Jalur Pendidikan dan Jalur Masyarakat Tingkat Kaltim dan Kaltara tahun 2018, Sabtu (22/4).

Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan muda. Program GenRe merupakan wadah untuk pengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pranikah dan napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan.

Eli Kusnaeli Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim mengatakan program ini dilaksanakan melalui dua pendekatan yaitu, pendekatan kepada remaja itu sendiri dengan Pengembangan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja dan pendekatan kepada orang tua dengan pengembangan Jalur Bina Keluarga Remaja (BKR).

Khususnya pengembangan PIK Remaja sebagai wadah pelayanan informasi dan konseling bagi remaja, maka diperlukan figur motivator dari kalangan remaja sesuai dengan pronsip dari, oleh dan untuk remaja.

“Figur motivator ini dapat disiapkan melalui Duta GenRe. Dengan peran Duta ini, maka sosialisasi dan promosi Program GenRe di lingkungannya dirasa lebih efektif karena komunikasi yang terjjalin dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja menjadi ramah remaja,” ujarnya.

Halda Arsyad Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim melalui Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sihabudin, selaku tim juri mengatakan, kegiatan yang berlangsung di Hotel Radja Samarinda ini, diikuti sedikitnya 43 peserta terdiri dari 30 orang peserta dari Kaltim dan 13 orang peserta dari Kaltara.

“Kegiatan Duta GenRe terbagi menjadi 5 tahap yaitu pembekalan, interview dan presentasi poster, kunjungan ke sekolah, malam bakat peserta dan grand final. Penilaian dimulai pada tanggal 18-21 April dan grand final pada 22 April,” katanya.

Setelah melihat, menilai dan menimbang dengan seksama dan sebaik-baiknya dari semua unsur penilaian tim juri menyepakati bahwa para pemenang Duta GenRe yaitu Provinsi Kaltim Jalur Pendidikan Putra, juara pertama Hendra Abdul Karim (Kota Samarinda), juara kedua Rifqi Ramadani Husna (Kabupaten PPU), juara ketiga Arvrinda Firdaus Pronggo P (Kota Balikpapan).

Provinsi Kaltim Jalur Pendidikan Putri, juara pertama Dewi Angelia Daniel (Kota Samarinda), juara kedua Siti Hartina Rahim (Kabupaten Paser), juara ketiga Indah Wulan Permata Sari (Kabupaten Berau).

Provinsi Kaltim Jalur Masyarakat Putra, juara pertama Abizar Yogyananda Utama (Kabupaten Berau), juara kedua Agil Dwi Yulianto (Kota Bontang), juara ketiga Bayyu Saputra (Kabupaten Paser).

Provinsi Kaltim Jalur Masyarakat Putri, juara pertama Nur Azizah Wardani (Kabupaten Paser), juara kedua Riski Amelia (Kota Samarinda), juara ketiga Ayu Iriani (Kabupaten Berau).

Provinsi Kaltara Jalur Pendidikan Putra, juara pertama M Raihan Rifaldi (Kota Tarakan), juara kedua Jasmin (Kabupaten Nunukan).

Provinsi Kaltara Jalur Pendidikan Putri, juara pertama Fanny Fernita (Kabupaten Malinau), juara kedua Nadya Febby Lelunny (Kota Tarakan).

Provinsi Kaltara Jalur Masyarakat Putra, juara pertama Arman (Kota Tarakan), juara kedua Melkianus Iki Kolir (Kabupaten Nunukan).

Provinsi Kaltara Jalur Masyarakat Putri, juara pertama Pramesti Enggar Pramita (Kabupaten Tarakan), juara kedua Lician Lisna Lilian (Kabupaten Nunukan).

Untuk Kaltim juara favorit putra yaitu Andi Muhammad Alhaq (Kota Bontang) dan Kaltim juara favorit putri yaitu Rahmah Safitri (Kota Balikpapan). Sedangkan untuk Kaltara juara favorit putra yaitu Oki Tri Wanto Oinel (Kabupaten Malinau) dan Kaltara juara favorit putri yaitu Rahimah (Kabupaten Nunukan).

Tim Juri pada kegiatan ini terdiri dari Ketua Dewan Juri dari Perwakilan BKKBN Kaltim Hartini, Lingkar Cita Foundation Coirul Annam Taufik, Dinas Kependudukan PP & PA Kaltim Sihabudin, Koordinator Perwakilan BKKBN Kaltara Rusman Efendi dan Praktisi Fashion Zulmy Nizar. (dkp3a/rdg)