Forum Anak Sebagai Pelopor dan Pelapor Agen Perubahan

By: dela dkp3a
Rabu, 04 Jul 2018
352 pembaca
Samarinda – Dalam rangka meningkatkan pemenuhan hak partisipasi anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) telah membentuk wadah partisipasi anak di seluruh Indonesia yang di sebut Forum Anak.

Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Halda Arsyad, mengatakan pelatihan Forum Anak yang diinisiasi pihaknya dimaksudkan sebagai Pelopor dan Pelapor dengan memperhatikan empat permasalahan yang menjadi prioritas dan sudah atau sedang dilakukan oleh Forum Anak.

“Sebagai agen perubahan Forum Anak diharapkan bisa menjalankan perannya sebagai 2P yaitu, pertama Pelopor berarti menjadi agen perubahan, terlibat aktif memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif, bermanfaat dan bisa menginsipirasi banyak orang sehingga banyak yang terlibat untuk melakukan perubahan yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Kedua, Pelapor berarti terlibat aktif menyampaikan pendapat/pandangan ketikan mengalami atau melihat atau merasakan tidak terpenuhinya hak perlinidungan anak di lingkungan masing-masing. Forum Anak dapat melaporkan ke Dinas KP3A Kaltim melalui Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlingdunagn Anak (P2TP2A), Unit Pelayanan Perempuan dan Anak dan sebagainya.

“Dengan konsep 2P diharapkan bisa menyelesaikan semua permasalahan anak terhadap isu pemasalahan anak yaitu, jauhkan anak dari paparan dan iklan rokok (isu rokok), menjadikan internet sahabat anak (isu internet), stop pernikahan usia anak, dan menjaga lingkungan dimulai dari diri sendiri (perubahan iklim),” tutur Halda.

Sampai dengan pertengahan tahun 2018 sudah terbentuk Forum Anak di sembilan kabupaten/kota se Kaltim dan masih ada satu kabupaten yang belum terbentuk yaitu Kabupaten Mahakam Ulu.

Dari capaian yang telah diperoleh provinsi maupun kabupaten/kota diantaranya, Penghargaan Tunas Muda Pemimpin Indonesia Tingkat Nasional (2011-2017), DAFA Award (FA Provinsi), Forum Anak Terbaik Nasional 2017 (FA Kota Balikpapan), Majalah Dinding Nasional, Peserta Terbaik Pertemuan Forum Anak Nasional (FA Kukar), Adaptasi Perubahan Iklim Forum Anak (ADIFA) Tingkat Nasional.

Pembukaan Pelatihan Forum Anak Sebagai Pelopor dan Pelapor se Kaltim yang dilaksanakan Minggu malam (1/7) di Hotel Selyca Mulia Samarinda ini, diikuti sebanyak 30 peserta terdiri dari 20 peserta dari 10 kabupaten/kota, 10 orang dari Forum Anak provinsi, perwakilan dari organisasi/lembaga anak termarjinal, perwakilan anak berkebutuhan khusus, pewakilan komunitas dan Sekolah Inklusi. (dkp3a/rdg)