Forum Anak Kaltim Salurkan Suara dalam Rapat Pemantauan dan Evaluasi PUG

By: dela dkp3a
Rabu, 31 Okt 2018
40 pembaca
Samarinda --- Melalui keterlibatan Forum Anak, anak-anak yang tergabung dari usia SMP-SMA sekitar 13-17 tahun belajar bagaimana menyuarakan suaranya secara partisipatif dalam rangka menjadi bagian dalam pembangunan.

Kegiatan Verifikasi Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan PUG di Kaltim Tahun 2018 yang diinisiasi oleh Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, berlangsung di Ruang Rapat Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (30/10) juga menjadi ajang menyalurkan suara dari Forum Anak Kaltim kepada Tim Verifikasi Data APE.

Fasilitator Forum Anak Kaltim Alris Sanca Pratama Putra, menyampaikan program kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain melakukan kegiatan pertemuan Forum Anak se-Kaltim, memperingati Hari Anak Nasional, dan Capacity Building bagi pengurus Forum Anak Kaltim.

“Satu bulan sekali mengadakan kegiatan berkolaborasi dengan organisasi lain. Selanjutnya Enggang Awards yaitu penganugerahan bagi masyarakat yang peduli terhadap masalah anak. Lalu Trust atau traveling fun and study yaitu pada Hari Kartini melakukan kunjungan ke Desa Loa Kumbar bersama Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kaltim,” ujarnya.

Alris melanjutkan, melakukan kegiatan Minggu Sehat yaitu mengajak anak untuk keluar rumah dan berolahraga. Social Project, membagikan 1000 buku anak Kaltim di kabupaten/kota di Kaltim, melakukan kunjungan ke anak jalanan dengan membagikan 300 buku anak kaltim.

“Kemudian memperkenalkan permainan anak tahun 90-an ke generasi milenial seperti petak umpet, bola bekel, bermain gasing, congklak, lompat tali dan sebagainya. Hal ini karena kami Forum Anak merupakan agen-agen penyetaraan gender dan perlindungan anak,” tutur Altis. (DKP3AKaltim/rdg)