Duta GenRe Setahun Menjabat Seumur Hidup Menginspirasi Diharapkan Jadi Agen Perubahan

By: dela dkp3a
Minggu, 22 Apr 2018
280 pembaca
Samarinda – Dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe). Program ini dikembangkan untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, Halda Arsyad mengungkapkan bahwa penyelenggaraan kegiatan Program GenRe semacam ini dapat menjadi instrumen yang dibangun dalam menciptakan generasi muda yang tangguh dan berdaya saing tinggi.

“Upaya peningkatan akses dan kesempatan generasi muda pada kegiatan positif perlu secara massif dengan perencanaan yang baik, sestematis dan tentunya berkelanjutan. Diharapkan duta-duta GenRe yang mewakili kabupaten/kota masing-masing dapat menjadi agen perubahan di daerahnya,” ujarnya.

Mengusung tema “Saatnya yang Muda Peduli Stunting , Kalau Terencana Semua Lebih Mudah” Halda menegaskan untuk mencapai itu semua dibutuhkan niat dan tekad yang kuat. Penting sekali kita berupaya untuk mencegah stunting dimulai dari masa remaja sebelum menikah, karena banyak remaja yang tidak mempehatikan kesehatan diri sejak dini dan berdampak saat remaja menikah dan memiliki keturunan kelak.

“Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat dan wahana utama dan pertama bagi pembentukan karakter remaja. Jati diri bangsa tergantung oleh pembentukan keluarga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Eli Kusnaeli mengatakan Ajang Kreatifitas dan Anugerah Duta GenRe Jalur Pendidikan dan Jalur Masyarakat Tingkat Provinsi Kaltim dan Kaltara Tahun 2018 mengembangkan materi-materi diantaranya kesehatan reproduksi remaja, life skill , peyiapan kehidupan berkeluarga, kependudukan dan pembangunan keluarga. Program GenRe dilaksanakan melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja sesuai dengan kecenderungan remaja yang lebih menyukai bercerita tentang permasalahannya denga teman sebaya.

Duta GenRe merupakan kepanjangan tangan dari BKKBN dan OPD – KB kabupaten/kota dalam mensosialisasikan program KKBPK pada umumnya dan Program GenRe pada khususnya serta dapat berkelanjutan sesuai slogan “Setahun Menjabat Seumur Hidup Menginspirasi”.

“Teruslah berprestasi dan jadilah remaja yang sehat, cerdas, ceria yang terhindar dari permasalahan yang banyak dihadapi remaja,” ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung di Ballroom Hotel Radja Samarinda, Sabtu (21/4) dihadiri Koordinator Pelaksana KKBPK Kaltara, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim, Kemenag Kaltim, Direktur PKBI Kaltim, Kepala OPD KB se-Kaltim dan Kaltara. (dkp3a/rdg)