DKP3A Kaltim Gelar Senam Pagi Untuk Jaga Kebugaran Jasmani

By: dela dkp3a
Jumat, 09 Nov 2018
36 pembaca
Samarinda --- Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Halda Arsyad, beserta seluruh staf melakukan senam kesegaran jasmani di Halaman Kantor DKP3A Kaltim, Jumat (9/11).

Senam pagi merupakan suatu aktifitas fisik yang perlu dilakukan untuk menjaga kebugaran jasmani tubuh. Gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga lebih sehat dan segar. Paparan sinar matahari pagi juga bagus bagi tubuh karena kandungan vitamin D alaminya. Jika tubuh sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi juga akan meningkat dan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

“Senam juga dapat memperkuat tulang, membantu melancarkan aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku serta meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh. Olahraga ini juga bisa menjaga fungsi otak, mencegah pikun, juga bisa mengurangi stress dan membuat lebih bahagia karena dengan kita melakukan gerakan senam maka tubuh akan melepaskan hormon endorphine,” ujarnya.

Zat Endorphin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan untuk kekebalan tubuh. Endorphin diproduksi oleh tubuh kita (kelenjar pituitary) yaitu pada saat kita merasa bahagia (tertawa) dan pada saat kita istirahat yang cukup. Zat ini bertindak seperti morphine, bahkan dikatakan 200 kali lebih besar dari morphine. Endorphin atau Endorphine mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang berenergi. Selain mencegah memburuknya emosi kita, membuat bahagia, juga merangsang timbulnya zat imunitas. Dengan endorphin perasaan kita akan lebih rileks, dan tentunya kita pun akan lebih mudah mengontrol diri kita dari amarah sekaligus berpikir positif dengan mengutamakan kesabaran.

Halda mengajak semua staf untuk sadar pentingnya kesehatan karena banyak manfaat yang diperolah dari senam. Ia juga menambahkan jika senam pagi seperti ini akan rutin dilakukan minimal satu kali dalam sebulan. Senam yang dilakukan hari ini yaitu aerobic dan yoga. (DKP3AKaltim/rdg)