DKP3A Kaltim Gelar Kegiatan PUG Melalui PPRG Bagi Aparaturnya

By: dela dkp3a
Jumat, 14 Des 2018
50 pembaca
Samarinda --- Pengarusutamaan Gender (PUG) merupakan salah satu strategi untuk mengatasi kesenjangan penerima manfaat sumber daya pembangunan yang terjadi antara individu dan kelompok pada semua sektor pembangunan di pusat dan daerah.

Selain itu, Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim sebagai pelaksana teknis daerah yang bertanggungjawab dalam melaksanakan urusan wajib Pembangunan Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Salah satu bentuk kegiatannya adalah percepatan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) dalam bentuk penguatan PUG pada SDM aparatur DKP3A Kaltim sebagai bagian dari pelaksanaan amanat Peraturan Daerah (Perda) PUG Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Daerah.

Kasubbag Umum DKP3A Kaltim Hamisah, mengatakan DKP3A Kaltim sebagai salah satu driver PUG menyusun Gender Analysis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS) tahun anggaran 2019, sebagai bagian dari proses perencanaan daerah yang terkait dengan RKA, DPA, RENJA, RENSTRA dan RPJMD Kaltim.

“Sehingga diharapkan dengan kegiatan ini meningkatkan pemahaman aparatur DKP3A Kaltim tentang urgensi isu gender dan anggaran responsif gender, peran dan fungsi DKP3A sebagai OPD Driver PUG, membangun kapabilitas untuk menyusun anggaran yang responsif gender,” ujarnya.

Selain itu, mendorong adanya komitmen internal para pihak dalam menerapkan anggaran responsif gender yang pada akhirnya tersedianya dokumen GAP dan GBS secara tepat dan benar yang terintegrasi dalam RKA dan DPA OPD.

Kegiatan Penguatan PUG melalui PPRG pada SDM Aparatur DKP3A Kaltim ini berlangsung di Hotel Selyca Mulia Samarinda, (13/12), diikuti sebanyak 35 peserta terdiri dari pejabat dan staf yang berkompeten di Sekretariat dan bidang-bidang DKP3A Kaltim serta OPD terkait.

Narasumber pada kegiatan ini dari Pusat Penelitian Kesetaraan Gender dan Perlindungan Anak (P2KGPA) Unmul Samarinda yaitu Widyatmike Gede Mulawarman dan Abdullah Karim. (DKP3AKaltim/rdg)