DKP3A Kaltim dan TP-PKK Lakukan Bhaksos ke UPTD Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma Samarinda

By: dela dkp3a
Selasa, 08 Jan 2019
30 pembaca
Samarinda --- Memperingati HUT Pemprov Kaltim ke-62, Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim bersama Tim Penggeral PKK Kaltim melakukan kunjungan dan bhakti sosial ke UPTD Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma Samarinda.

Ketua TP-PKK Kaltim Norbaiti Isran Noor, mengatakan selain rangkaian HUT Pemprov Kaltim, kunjungan tersebut sebagai ajang silaturahmi dengan seluruh jajaran UPTD Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma dan juga anak-anak yang berada disana.

“Terima kasih kepada DKP3A Kaltim telah mengajak kita untuk berada ditengah-tengah mereka, anak-anak kita,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas KP3A Kaltim Halda Arsyad, menyampaikan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi sebagaimana diamanatkan dalam UUD Negara Republik Indinesia Tahun 1945.

Meski anak-anak berada di panti tetapi pemenuhan haknya tetap harus menjadi perhatian bersama. “Untuk menjamin pemenuhan dan perlindungan anak, negara melalui pemerintah daerah terus berupaya mendukung kebijakan nasional dalam penyelenggaraan perlindungan anak,” ujarnya.

Halda menyebutkan, pihaknya berkoordinasi dengan UPTD Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma untuk mengetahui apa saja kebutuhan yang diperlukan anak-anak. “ada yang gemar bulu tangkis, futsal, mambaca dan sebagainya, kita upayakan itu semua terpenuhi,” katanya.

Ia juga berkesempatan untuk melihat kondisi panti seperti dapur, ruang makan bagi anak-anak dan pemenuhan gizi anak.

DKP3A Kaltim bersama TP-PKK Kaltim menyerahkan bantuan berupa peralatan menggambar dan mewarnai, peralatan bulu tangkis, bola futsal dan basket, buku cerdas dan aneka dongeng, boneka dongeng, biskuit, pakaian dan beberapa perlengkapan bayi, serta tikar.

Selain itu, DKP3A Kaltim juga menyerahkan kartu keluarga atas nama syifa dan aisyah. “Ini bagian dari pemenuhan hak sipil anak, sehingga akan memudahkan teman-teman di UPTD ini untuk mengurus dokumen kependudukan anak selanjutnya dan pembuatan BPJS,” tutur Halda.

Hadir pada kegiatan ini, Kepala UPTD Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma Samarinda Farida, Plt Kepala Dinas Sosial Kaltim Khairul Soleh, Kabid PPPA DKP3A Kaltim Noer Adenany, Kabid PPKB Sihabudin dan Kabid KG Mahrita. (DKP3AKaltim/rdg)