DKP3A Kaltim : Penting, KRR Bagi Kelompok Remaja dan Kelompok Sebaya

By: dela dkp3a
Senin, 07 Mei 2018
48 pembaca
Samarinda - Kesehatan reproduksi adalah keadaan sehat secara fisik, mental dan sosial secara utuh, tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan yang berkaitan dengan segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi serta prosesnya. Hal ini terkait pada suatu keadaan manusia mampu menjalankan fungsi dan proses reproduksinya secara sehat dan aman.

Masa remaja adalah masa yang sangat menentukan dalam perkembangan biologis dan psikologis seseorang. Perkembangan ini dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan dan sosial.

Maka Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DPPKB) Kota Samarinda menginisiasi kegiatan Fasilitasi Forum Pelayanan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) Bagi Kelompok Remaja dan Kelompok Sebaya di Luar Sekolah mengusung tema Mewujudkan Generasi Muda Kaltim Berprilaku Hidup Sehat dan Berakhlak Mulia Tanpa Narkoba yang berlangsung di Aula DPPKB, Rabu (2/5).

Kepala DKP3A Kaltim Halda Arsyad, dalam sambutannya mengatakan remaja memiliki kecenderungan bahwa teman sebaya adalah tempat untuk belajar bebas dari orang dewasa, belajar menyesuaikan diri dengan standar kelompok, belajar berbagi rasa, bersikap sportif, belajar menerima dan melaksanakan tanggung jawab. Belajar berperilaku sosial yang baik dan belajar bekerjasama.

“Diharapkan remaja mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang kesehatan reproduksi dan remaja bisa menjadi sumber informasi serta fasilitator bagi teman-teman sebayanya,” katanya.

Selain itu, pernikahan dini dan perceraian terbesar dan tertinggi untuk di Provinsi Kaltim ada di Samarinda dengan mayoritas dari remaja yang melakukan pernikahan dini. “Untuk itu, perencanaan itu harus dimulai sejak dini sejak remaja sebelum para remaja ini membangun keluarga harus dibekali. Karena keluarga adalah unit yang paling kecil di masyarakat, yang awal dimulai pembentukan karakter manusia ada di dalam keluarga,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid PPKB Sihabudin, selaku ketua panitia menyampaikan kegiatan ini bertujuan agar remaja kelompok sebaya memahami pentingnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, bahaya narkoba dan seks bebas, sehingga remaja dapat membentengi diri terhadap permasalahan seputar kehidupan remaja itu sendiri. Dalam hal itu, suatu faktor penting yang memegang peranan yang menentukan dalam kehidupan remaja adalah agama.

Kegiatan ini dikhususkan bagi kelompok remaja dan kelompok sebaya diluar sekolah yang ada di kampung KB se kota Samarinda dengan jumlah 100 peserta.

Narasumber pada kegiatan ini yaitu Perwakilan BKKBN Kaltim dr. Yuliani dengan materi Kesehatan reproduksi Remaja. BNN Kaltim Firdaus dan Micheal dengan materi Dampak Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Kesehatan Remaja, dan Pengadilan Agama Samarinda Tamim Udari dengan materi Remaja Berperilaku Hidup Sehat dan Berakhlak Mulia. (dkp3a/rdg)