DKP3A Kaltim : Ceramah Agama Jadi Agenda Rutin Selama Ramadhan

By: dela dkp3a
Selasa, 22 Mei 2018
48 pembaca
Samarinda – Kewajiban berpuasa sesungguhnya bukan hanya menahan lapar dan haus, melainkan cara agar bisa memenangkan perang melawan hawa nafsu. Salah satu cara agar memperoleh kemenangan itu adalah tidak berhenti mendengar nasihat ulama. Untuk mendapatkan nasihat ulama dan orang saleh, kita dapat mendengarkan ceramah bulan Ramadhan. Ceramah ini penting sebagai pengingat bagi kita agar Ramadhan yang dijalani mampu berkualitas dan mendapatkan gelar takwa di penghujung bulan penuh berkah ini.

Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim sendiri rutin melaksanakan ceramah selama Ramadhan.

“Dilaksanakan pada hari senin dan kamis setelah sholat dzuhur. Kegiatan seperti ini telah berlangsung selama lima tahun terakhir,” ujar Kepala Dinas KP3A Kaltim Halda Arsyad melalui Kassubid KB Sarbani, sekaligus pengurus Masjid Tarbiyatul Mukhlisin yang terletak tepat di lingkungan DKP3A Kaltim.

Untuk tahun ini, ceramah keagamaan bekerjasama dengan Badan Amil Zakat (BAZ) Kaltim mengandeng OPD yang ingin melaksanakan ceramah agama sebelum atau setelah ibadah sholat dzuhur.

Ia juga menyampaikan, tentunya ceramah bulan Ramadhan dapat disajikan dengan banyak tema, pendekatan, dan momentum yang sangat beragam. “Para pendakwah dapat mengambil tema motivasi, sunnah di bulan Ramadhan, bulan bertobat, dan Ramadhan sebagai pembentuk generasi bertakwa, karena tidak ada simpanan yang lebih berguna daripada ilmu,” imbuh Sarbani.

Kali ini ceramah diisi oleh Ustadz Haris, seorang dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, Senin siang (21/5). (dkp3a/rdg)