DKP3A Kaltim – Forkomda Tingkatkan Kapasitas Masyarakat di Samarinda Seberang

By: dela dkp3a
Rabu, 31 Okt 2018
31 pembaca
Samarinda --- Dalam upaya mendukung Program Three Ends yang digagas oleh KPPPA RI yaitu Akhiri Kekerasan Terhadap Perempuan, Akhiri Perdagangan Manusia dan Akhiri Kesenjangan Ekonomi Terhadap Perempuan.

Melalui Forkomda, partisipasi masyarakat untuk pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kaltim telah dilakukan dengan Peningkatan Kapasitas Masyarakat Dalam Sinergi Percepatan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kaltim.

Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Halda Arsyad, melalui Kabid PPPA Noer Adenany, membuka secara resmi tiga kegiatan yang dilaksanakan oleh Forkomda Puspa Kaltim sebagai pelaksana kegiatan. Sesuai Surat Perjanjian Kerjasama antara KPPA RI dengan Forkomda, Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak Nomor PKS-75/PPK/DEP.5/ASD.3/09/2018 Tentang Peningkatan Kapasitas Masyarakat Dalam Sinergi Percepatan PPPA di Provinsi Kaltim, Sabtu (27/10).

“Adapun Kegiatan yang dilakukan adalah Pelatihan dan Pembinaan Fasilitator Anak yang mengangkat tema Aku dan Sahabat. Berlangsung di Kecamatan Samarinda Seberang, dengan peserta pelajar, dan pemuda,” ujarnya.

Sementara, Training For Trainer Parenting, Pengasuhan Anak di Zaman Milenial. berlangsung di Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang diikuti oleh ibu rumah tangga, unsur masyarakat dan aparat kelurahan.

“Sedangkan Training For Trainer Fasilitator, Ketahanan Keluarga berlangsung di Kelurahan Mesjid Kecamatan Samarinda Seberang, diikuti oleh unsur masyarakat, kepala keluarga beserta isteri dan aparat kelurahan,” imbug Dany.

Kecamatan Samarinda Seberang sebagai lokus kegiatan, hal ini dikarenakan kecamatan tersebut memiliki angka permasalahan anak dan perempuan cukup tinggi dilingkup Kota Samarinda, sehingga perlu upaya untuk menekan angka permasalahan tersebut bahkan menghapus kekerasan terhadap perempuan dan anak. (DKP3AKaltim/rdg)