Bimtek PIAK Upaya Perbaiki Data Anomali dan Data Ganda

By: dela dkp3a
Rabu, 24 Okt 2018
44 pembaca
Samarinda --- Salah satu kunci keberhasilan tertib penyelenggaraan administrasi kependudukan di daerah tidak terlepas dari peran, fungsi dan tanggung jawab Administrator Database Kependudukan (ADB) dalam mengolah, memelihara dan menyajikan data kependudukan skala provinsi dan kabupaten/kota.

Hal ini disampaikan Gubernur Kaltim Isran Noor melalui Asisten I Bidang Pemeritahan dan Kesra Setda Provinsi Kaltim M Sa’bani, pada kegiatan Bimtek Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Dalam Rangka Perbaikan Data Anomali dan Data Ganda DKB Semester I Tahun 2018, berlangsung di Hotel Grand Victoria, Rabu (24/10).

Dalam upaya merealisasikan pembangunan yang berwawasan kependudukan, diperlukan dukungan data dan informasi kependudukan yang lengkap dan akurat, sehingga memudahkan para perencana dan pengambil keputusan dalam merumuskan kebijakan dan menyusun program pembangunan yang berwawasan kependudukan.

“Salah satu informasi yang sangat penting bagi perencana kependudukan adalah data kependudukan. Oleh karena itu ketersediaan data kependudukan diberbagai tingkatan administrasi pemerintahan menjadi faktor kunci keberhasilan pelaksanaan program-program pembangunan maupun penyelenggaraan pemerintahan,” ujarnya.

Pemerintah Pusat melalui Ditjen Dukcapil Kemendagri, telah menerbitkan Data Konsolidasi Bersih (DKB) Semester I Tahun 2018 dan telah diberikan ke seluruh Disdukcapil provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia. Termasuk data anomali dan data ganda.

“Untuk itu diharapkan, agar Kepala Dinas memerintahkan kepada ADB di wilayah masing-masing dapat mencermati DKB tersebut, khususnya data anomali dan data ganda sehingga dapat dilakukan perbaikan dengan memberikan tanda berupa flag status pada database kependudukan yang anomali dan ganda,” imbuh Sa’bani.

Seperti diketahui bersama pada tahun 2019 akan dilaksanakan Pemilu Anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota dan Pilpres secara serentak pada tanggal 17 April 2019. Untuk itu Sa’bani mengimbau, perlu komitmen dari Disdukcapil provinsi dan kabupaten/kota untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 yang Luber dan Jurdil serta bermartabat melalui penyediaan data kependudukan yang akurat.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 30 peserta terdiri dari Kabid PIAK dan ADB Disdukcapil kabupaten/kota. Narasumber pada bimtek ini yaitu Kasi SDM TIK Ditjen Disdukcapil Mhd Saleh, Pengolah Data Seksi Tata Kelola TIK Parmin, Kepala Dinas KP3A Kaltim Halda Arsyad, dan Kabid Fasilitas Pelayanan Adminduk DKP3A Kaltim Iwan Setiawan. (DKP3AKaltim/rdg)