Kaltim Expo 2022 Diharapkan Meningkatkan Perekonomian Kaltim

Samarinda — Gubernur Kaltim diwakili Staf Ahli Gubernur bidang Sumber Daya Alam, Perekonomian Daerah dan Kesra Christianus Benny membuka Kaltim Expo 2022, mengusung tema Dengan Semangat HUT RI Ke-77 Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat Untuk Kaltim Yang Berdaulat, berlangsung di Atrium Bigmall Samarinda, Rabu (24/8/2022)

Benny mengatakan, atas nama  Pemprov dan masyarakat Kaltim menyambut baik dan mengucapkan selamat atas dilaksanakannya Kaltim Expo 2022 dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Semoga expo ini terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi kita semua untuk menggairahkan, membangkitkan dan meningkatkan perekonomian dan investasi,” kata Benny.

Jika dilihat dari struktur PDRB menurut lapangan usaha di triwulan II tahun 2022, lanjut Benny pertambangan dan penggalian masih dominan memberi kontribusi sebesar 53,98 persen dari total PDRB. Disusul, industri pengolahan sebesar 15,28 persen, dan lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan 7,04 persen, serta konstruksi 7,03 persen.

“Realisasi investasi Kaltim pada tahun 2021 mencapai Rp41,17 triliun, dan tahun 2022 ini target investasi Rp54 triliun. Selain itu, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) pada tahun 2021 masuk peringkat lima nasional. Dicatatan lainnya, pada tahun 2020 dan 2021, Kaltim berhasil melakukan ekspor non migas terbesar kedua dari 34 provinsi di Indonesia, setelah Jawa Barat,” katanya.

Kinerja perekonomian dan investasi, ujar Benny, meskipun di tengah pandemi Covid-19 tetap bekerja perekonomiannya dengan baik.

“Saya mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerjasama serta bekerja keras mewujudkan pencapaian kinerja perekonomian Kaltim dengan baik,” imbuhnya.

Benny berharap Kaltim Expo ini memberikan kesempatan dan peluang usaha dengan terjadinya transaksi dan jual beli. Sehingga, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat akan semakin membaik.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kaltim Puguh Harjanto mengemukakan, Kaltim Expo sendiri merupakan suatu wadah pameran yang menampilkan informasi produk unggulan hasil pembinaan SKPD provinsi serta kabupaten dan kota, produk hasil olahan UKM, produk barang dalam negeri, jasa perbankan/keuangan, termasuk beberapa potensi dan peluang investasi dibidang infrastruktur, energi, industri, dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan berskala besar.

“Disamping itu, Kaltim Expo 2022 merupakan bagian dari peringatan HUT Republik Indonesia,” ujarnya.

Kaltim Expo 2022, digelar selama lima hari (24-28 Agustus), diikuti 95 stan terdiri 70 stan dari OPD provinsi dan kabupaten/kota, 20 stan UMKM dan 5 stan otomotif.

Usai pembukaan, Wakil Ketua 1 TP  PKK Provinsi Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi didampingi staf ahli dan Kepala DPMPTSP melakukan peninjauan stan di Atrium Bigmall Samarinda.(adpimprovkaltim)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *