Perempuan Bukan Hanya Setara, Tapi Jauh Lebih Mulia

Samarinda — Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim HM Sa’bani membacakan sambutan tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati pada Peringatan Hari Ibu Ke-93 Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021 di Pendopo Odah Etam, Rabu (22/12/2021)

Sebelum membacakan sambutan, Sa’bani membukanya dengan memberi semangat kepada para ibu dan perempuan di Kalimantan Timur.

“Menurut saya, perempuan itu bukan setara, tapi jauh lebih mulia. Saya selalu pegang kata-kata itu,” ucap Sa’bani memberi apresiasi atas betapa besarnya peran seorang ibu dan para perempuan.

Sa’bani bahkan tegas mengatakan, tidak akan ada pemerintahan, kepala daerah, bahkan presiden sekalipun, tanpa peran besar perempuan di dalamnya.

Sementara dalam sambutannya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyebutkan bahwa perjuangan perempuan Indonesia sudah dibuktikan dari masa ke masa.

Hari Ibu yang saat ini diperingati, kata Menteri I Gusti Ayu Bintang Darmawati tidak bisa dilepaskan dari Kongres Perempuan Indonesia yang diselenggarakan pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta.

Dimana para perempuan Indonesia ketika itu pun sudah ikut berkontribusi dalam proses kemedekaan bangsa dan kemerdekaan bagi kebebasan perempuan sendiri.

Jadi, kontribusi perempuan bukan hanya dalam posisi sebagai ibu, tapi juga berkontribusi besar bagi kemerdekaan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Di momen yang sama Wakil Ketua I TP-PKK Kaltim, Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi mewakili Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor, memberi ucapan selamat Hari Ibu kepada seluruh perempuan di Kaltim.

“Selamat Hari Ibu, semoga bisa terus menjadi ibu yang hebat bagi keluarga, negara dan bangsa,” kata Erni Makmur Hadi Mulyadi.

Dia yakin, di tengah pandemi yang belum juga usai ini, para ibu dan perempuan Kaltim bisa tetap eksis beraktivitas dan kreatif di tengah masyarakat dan keluarga.

Acara dihadiri berbagai organisasi wanita diantaranya Dharma Wanita Persatuan, TP-PKK, Persit Kartika Chandra Kirana, Bhayangkari, BKOW dan lainnya. Tampak  hadir juga Ketua DWP Kaltim Hj. Liza Febriani Sa’bani.

Pada kesempatan itu diserahkan penghagaan kepada tokoh perempuan yaitu Qomariah Kuncoro, Ardiningsih dan Nila Kandi. Satu penghargaan lagi diberikan kepada Pemerhati perempuan dan anak di Kaltim, Sumadi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *