10 Peserta Vaksin Perdana

Samarinda — Sebanyak 10 peserta siap divaksinasi perdana, mulai unsur Pemprov Kaltim, RSUD AWS, Kodam VI Mulawarman, Polda Kaltim, Kejaksaan Tinggi dan organisasi dokter Indonesia.

Kesepuluh peserta ini sudah ditetapkan siapa-siapa saja yang nantinya akan menjalani vaksin Covid-19 perdana, digelar di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (14/1/2021).

“Yang jelas dari unsur tersebut ada 10 peserta yang akan divaksin perdana. Sekaligus menandakan dimulainya vaksinasi Covid-19 di Benua Etam Kaltim,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim Dr HM Jauhar Efendi usai memimpin rapat koordinasi persiapan vaksin perdana yang dihadiri Kadis Kesehatan Kaltim Hj Padilah Mante Runa, Kadiskominfo Kaltim HM Faisal, Direktur RSUD AWS dr David Hariyadi Mashjoer, Karo Humas Setprov Kaltim HM Syafranuddin dan Karo Kesra H Andi Muhammad Ishak, di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (12/1/2021).

Sesuai instruksi Pemerintah Pusat (Kementerian Kesehatan RI) vaksinasi diprioritaskan untuk tenaga kesehatan di rumah sakit.

Vaksin di Kaltim sementara hanya dua daerah yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan, yaitu Kota Samarinda selaku ibu kota provinsi Kaltim dan daerah terdekat, yaitu Kutai Kartanegara.

“Rencananya vaksin akan didistribusikan ke sepuluh kabupaten dan kota. Tetapi, karena ada arahan Kementerian Kesehatan agar dilaksanakan terlebih dulu di ibu kota provinsi dan kabupten terdekat. Maka, diputuskan dua daerah tersebut,” ungkapnya.

Vaksin rencana dituntaskan pemerintah pusat selama 15 bulan. Karena itu, daerah yang belum mendapat vaksin untuk bersabar. Terutama, tenaga kesehatan yang sudah dipriotaskan..

“Memang ada kriteria untuk peserta yang akan divaksin. Jadi, tidak mesti harus semaunya saja. Semoga program ini berjalan lancar dan masyarakat selalu sehat serta wabah segera berakhir,” jelasnya.

Sementara rencana simulasi vaksinasi perdana akan dilakukan Selasa 12 Januari 2021 sore.(humasprovkaltim)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *