Percepat Serapan Anggaran

Samarinda — Gubernur Kaltim Isran Noor berharap pemerintah kabupaten/kota dan organisasi perangkat daerah untuk mempercepat penyerapan anggaran yang tersedia pada triwululan ketiga.

“Kabupaten/kota dan organisasi perangkat daerah segera mempercepat serapan anggaran yang tersedia pada Juli-September,” kata Isran Noor pada saat membuka Rapat Monitoring Realisasi Fisik dan Keuangan Tahun Anggaran 2020, termasuk Penanganan Covid-19 di Kaltim melalui video conference di Ruang Heart Of Borneo Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (23/7/2020).

Mempercepat penyerapan anggaran, lanjut Isran Noor, mampu mengungkit pertumbuhan ekonomi daerah dan daya beli masyarakat. “Tentunya harus mengikuti aturan terkait pengadaan dan penanganan Covid-19,” imbuhnya.

Isran Noor menambahkan rapat ini sebagai tindak lanjuti rapat para gubernur se Indonesia pada 15 Juli lalu di Istana Bogor yang dipimpin Presiden Joko Widodo membahas percepatan penyerapan anggaran dan penanganan Covid-19.

Presiden, lanjut Isran Noor, menekankan agar seluruh daerah segera melakukan kegiatan dan terobosan sebagai upaya menahan kontraksi ekonomi agar tidak terlalu jauh turun.

“Daerah harus sungguh-sungguh menjaga kinerja perekonomiannya. Namun tetap mengedepankan protokol kesehatan,” pesannya.

Isran Noor menyampakan realisasi bantuan keuangan Pemprov tahun anggaran 2020, terdiri Kota Samarinda 41,34 persen, Balikpapan 34,43 persen, Paser 31,78 persen, Kutai Barat 37,95 persen, PPU 32, 36 persen, Kukar 25,75 persen, Kutai Timur 43,24 persen, Bontang 35,39 persen, Berau 25,31 persen dan Kabupaten Mahulu 19,04 persen.

Tampak hadir Pj Sekprov Kaltim M Sa’bani, Asisten Pemerintahan dan Kesra M Jauhar Efendi, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Abu Helmi, Kepala BPKAD, dan Karo Adbang.

Mengikuti secara virtual Wagub Hadi Mulyadi, Wakajati Kaltim, Dir Reskrimsus Polda Kaltim, Kepala Perwakilan BPKP Kaltim, Bupati/Walikota dan Forkopimda Kaltim

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *