DKP3A Kaltim Lakukan Simulasi APAR

Samarinda — Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim bekerjasama dengan Damkar Kota Samarinda melakukan sosialisasi simulasi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) diikuti seluruh pegawai, Senin (15/6/2020).

Peristiwa kebakaran dapat terjadi dimana saja yang terdapat resiko timbulnya kebakaran. Tidak ada ruang ataupun lingkungan yang terbebas dari resiko kebakaran, peristiwa tersebut dapat mengakibatkan korban materi, adanya korban jiwa maupun kerugian lain secara tidak langsung.

“Simulasi ini untuk memahami fungsi alat pemadam kebakaran (APAR), semua pegawai dapat menggunakan APAR yang benar dan tepat, dan mampu menganalisa faktor-faktor kebakaran,” ujar Kepala Dinas KP3A Kaltim Halda Arsyad.

Sehingga seluruh pegawai diimbau selalu siaga dengan menyiapkan alat pemadam kebakaran. Karenanya cara penggunaan APAR, pemahaman terhadap fungsi-fungsi, dan bagaimana management penggunaan APAR serta tata letak APAR penting diketahui oleh setiap pegawai karena fungsinya untuk penanganan dini dalam menangani kebakaran bisa dihindari semaksimal mungkin.

Manfaat yang didapat dari pelatihan APAR tentu akan sangat berguna bagi para pegawai. Namun, yang paling penting adalah menyiapkan individu yang siap melakukan pemadaman api pada tahap awal kebakaran (3 menit pertama) menggunakan APAR, agar kebakaran bisa ditangani lebih dini dan tidak meluas. Dengan begitu, kerugian jiwa dan materi-pun bisa diminimalisir. (dkp3akaltim/rdg)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.